Tiga Desa di BS Ikut Lomba Desa Wisata

 Tiga Desa di BS  Ikut Lomba Desa Wisata

Arung jeram di Bengkulu Selatan--

 

BENGKULU SELATAN - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu, kembali menggelar lomba desa wisata yang akan diselenggarakan Tahun 2022. Adapun lomba desa wisata diagendakan pada tanggal 3 hingga tanggal 25 Oktober 2022.

Bahkan, Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melalui Dispar mengikutsertakan tiga desa wisata dalam perlombaan tersebut. Ketiga desa ini,  Air Tenam terkenal wisata Arung Jeram, desa Sukamaju terkenal wisata Lubuk Langkap, desa Trulung terkena wisata Coconobid

 

Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Bengkulu Selatan (BS), Rendra Febrianto, SS, M.Si mengatakan, tahun ini pihaknya mengikutsertakan lomba desa wisata, dan tiga desa diikutsertakan lomba  yang diselenggarakan Dispar Provinsi. Pendaftaran dibuka pada tanggal 3 Oktober hingga 17 Oktober, sedangkan pelaksanaan seleksi administrasi pada tanggal 18 hingga tanggal 22 Oktober.

 

"Kita usulkan tiga desa wisata dalam perlombaan tingkat provinsi,"ungkap Rendra.

 

Dikatakan Rendra, dalam proses pendaftaran ini, desa wisata diwajibkan untuk melengkapi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Salah satu persyaratan untuk mengikuti lomba yakni desa yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai desa wisata oleh kepala daerah yang diterbitkan SK Bupati, memiliki rekomendasi dari Dispar, memiliki struktur pengelolaan, hingga memperlihatkan bukti wisata dalam bentuk foto atau video serta didukung infrastruktur.

 

"Persyaratan tersebut dijadikan pertimbangan, diikutsertakan tiga desa mengikuti lomba desa wisata,"ucap Rendra.

 

Lanjut Rendra, tiga desa diikutsertakan lomba desa wisata, yakni desa Air Tenam terkenal Arung Jeram, desa Sukamaju terkenal wisata Lubuk Langkap, desa Trulung terkenal wisata Coconobid. Perlombaan ini, sudah dua kali dilaksanakan dimana perlombaan pertama kali ikusertakan desa Tumbuj Tebing tekenal wisata batu putih.

 

Dirinya mengaku hadia  perlombaan kedua kali ini, cukup bergensi hingga mencapai  jutaan, pemenang diambil  urutan ke-5 yang mana sebelumnya hanya diambil pemenang urutan ke-3.

 

"Seleksi administrasi sedang berlangsung bahkan sudah mengujungi tempat destinasi wisata yang diikutkan,"ungkap Rendra.

 

Rendra mengaku, setelah seleksi selesai oleh tim, desawisata yang diikutsertakan nantinya tim sampaikan pada panitia seleksi tingkat provinsi yaitu pada tanggal 18 Oktober 2022 paling lambat. Untuk peserta lolos 10 besar diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2022, dan bagi desa yang lolos akan diperkenankan untuk mempresentasikan desa wisatanya.

 

"Sangat berharap dari tiga desa diikutsertakan perlombaan ini, dapat berhasil menjadi pemenang,"pungkas Rendra.(yes)

Sumber: