35 Paket Pekerjaan Fisik Sudah PHO, Tersisa 66 Paket

 35 Paket Pekerjaan Fisik Sudah PHO, Tersisa 66 Paket

Proyek di Seluma yang telah selesai--

 

PEMATANG AUR - Beberapa pekerjaan fisik tahun 2022 di kabupaten Seluma satu persatu mulai selesai dikerjakan. Sedikitnya sudah ada 35 paket pekerjaan fisik yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD 2022 Seluma tahun 2022 sudah mulai di Provisional Hand Over (PHO).

"Satu persatu kita pastikan pekerjaan ini mulai PHO, Namun masih tetap menjadi tangung jawab untuk pemeliharaan oleh kontraktor atau rekanan ini," kata Bupati Seluma Erwin Octavian, SE kepada wartawan, kemarin.

Diterangkannya, meski sudah PHO dalam kurun waktu enam bulan ke depan seluruh pekerjaan masih tetap menjadi tanggung jawab kontraktor untuk melakukan perawatan. Apabila masih ada kekurangan makan nantinya kontraktor akan melakukan perbaikan ataupun perawatan. Sehingga diharapkan seluruh pekerjaan yang dikerjakan harus sesuai dengan spek dan RAB pada kontrak.

"Mudah-mudahan jalan yang dibangun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat serta perekonomian masyarakat juga meningkat,"sampainya.

Kadis PUPR Seluma, M Syaifullah, SE, ST membenarkan jika saat ini pekerjaan fisik sudah mulai PHO secara bertahap. Salah satunya pekerjaan yang sudah PHO adalah pekerjaan fisik pada rekontruksi jalan Balai Uji - Pasar Sembayat dengan nilai kontrak Rp2,2 M yang dikerjakan oleh PT Kencana Pratama Kontruksi dengan masa kerja 90 hari kerja, yang langsung dipantau oleh Bupati Seluma.

"Kalau untuk di Bidang Bina Marga (BM) tahun 2022 ini. Yang sudah selesai di PHO kan kurang lebih 35 paket kegiatan," sambungnya.

Dijelaskan Syaifullah, pada tahun 2022 ini untuk di Bidang Bina Marga (BM) telah mengalokasikan kegiatan sebanyak 101 paket kegiatan. Dengan menganggarkan melalui DAK dan APBD melalui tender. Yakni dengan proyek pengerjaan fisik berupa pembangunan jembatan dan juga pembangunan jalan. Dari 101 Pakat kegiatan tersebut, kurang lebih 35 paket kegiatan yang telah dilakukan PHO.

Sedangkan untuk susahnya pada saat ini masih dalam proses pengerjaan yang telah mencapai progres 60 persen lebih. Sehingga, Dinas PUPR Kabupaten Seluma tengah mengebut pekerjaan fisik. Dengan menargetkan seluruh paket kegiatan fisik akan tuntas sesuai kontrak, sebelum akhir bulan Desember mendatang.

"Dalam waktu dekat ini mungkin beberapa paket lagi yang akan kita PHO kan. Untuk progres kita sampai saat ini baru sampai segitu," tutupnya.(adt)

Sumber: