Bangun Pelabuhan Penangkaran Ikan, Seluma Dikucurkan 17 M

Bangun Pelabuhan Penangkaran Ikan, Seluma Dikucurkan 17 M

Kepala Dinas Perikanan Seluma--

 

PEMATANG AUR - Rencana pembangunan Pelabuhan Penangkaran Ikan (PPI) di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Menjadi Pelabuhan skala Nusantara, direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang.

Rencananya, pembangunan PPI tersebut akan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Bengkulu. Dengan besaran sekitar Rp 17 miliar. Hal ini diketahui setelah penandatanganan kesepakatan kerjasama pembangunan Pelabuhan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Seluma beberapa waktu yang lalu.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Seluma Zuraini, SP M.Si saat dikonfirmasi Radar Seluma. Ia mengatakan, jika dalam rencana pembangunan PPI di Desa Pasar Seluma.

Dibangun bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu yang telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk dimulainya pembangunan Pelabuhan pada tahun depan.

"Untuk pembangunan Pelabuhan dimulai tahun depan, melalui DAK Provinsi Bengkulu. Dengan anggaran sekitar Rp 17 miliar," sampainya.

Dalam tahapan pembangunan tahun 2022 ini, dengan melaksanakan penyusunan Detail Engineering Design (DED) oleh tim teknis dari ahli Universitas Gajah Mada (UGM) dan melibatkan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR saat survey lokasi. Anggaran tahun 2022 ini penyusunan DED sebesar Rp 1,3 miliar untuk tahap peningkatan menjadi Pelabuhan Perikanan Pantai (P3).

"Progres saat ini pengukuran kedalaman air dan pengukuran kualitas tanah," pungkasnya.(ctr)

Sumber: