Kabel Jurusan Trafu di Sukaraja Digasak Maling

Kabel Jurusan Trafu di Sukaraja Digasak Maling

Manager PLN Tais--

 

PEMATANG AUR - Sejumlah kabel trafu milik PLN di Provinsi Bengkulu dikabarkan hilang. Diduga kabel dicuri oleh profesional yang sudah mengetahui cara melepas kabel. Untuk di Kabupaten Seluma kabel dari trafu PLN yang dicuri berada di Desa Kayu Arang, Kecamatan Sukaraja persisnya di depan kantor Camat Sukaraja.

Manager ULP PLN Tais Fitriya Velayanti saat dikonfirmasi membenarkan hal tesersebut. Dikatakannya ada 48 meter kabel tembaga yang hilang diduga dicuri.

 

"Ya betul kabel dari trafu PLN yang berada di Desa Kayu Arang kabel jurusannya dicuri. Betul kabel tersebut memiliki nilai jual karena berbahan tembaga. Ada empat kabel yang dicuri satu kabel panjanganya 12 meter. Selain rugi material akibat kabel dicuri juga terjadi pemadaman listrik di sekitar Desa Kayu Arang. Untuk laporan ke APH kita satu pintu, karena kejadian ini juga terjadi di daerah lain. Yaitu Manna, Kota Bengkulu, dan sejumlah daerah lainnya," katanya, kemarin.

Disampaikannya pelaku pencurian ini diduga sudah profesional diduga sebelum mencuri kabel mereka terlebih dahulu memutuskan arus listrik.


--

"Diduga sudah mengerti dan profesional karena sebelum mengambil kabel dia sudah memutus aliran listriknya terlebih dahulu. Kemudian memanjat kabel yang ada di atas," jelasnya.

Untuk estimasi kerugian akibat kabel jurusan hilang Fitriya mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Namun diakuinya bahwa kabel tersebut memiliki nilai jual dengan dihitung per Kilogram.

 

"Kalau melihat dari kejadian ini, kemungkinan pelakunya diduga orang-orang yang paham. Untuk kabel sudah kita ajukan untuk diganti dan saat ini sudah diperbaiki," tutupnya.(adt)

Sumber: