ANBK SD, Sekolah Diminta Siapkan Operator

 ANBK SD, Sekolah Diminta Siapkan Operator

Persiapan ANBK--

 

PEMATANG AUR - Dari 181 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Kabupaten Seluma sekitar 80 sekolah secara mandiri akan menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Sisanya sekolah akan menumpang dengan SMP, dan juga SDN yang sudah memiliki fasilitas. Untuk kendala teknis saat ANBK nanti, sekolah diminta menyiapkan operator untuk membantu pelaksanaannya nanti.

 

"Ada 86 sekolah yang menyelenggarakan ANBK secara mandiri pada tahap pertama. Ada 80 sekolah yang akan melaksanakan secara mandiri dan sisanya menumpang. Karena ini siswa SD, dan dikhawatirkan ada kendala dalam teknis pelaksanaan nanti sekolah sudah menyediakan operatornya. ANBK untuk SD akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama pada tanggal 23 Oktober selama tiga hari. Setelah itu nanti akan dilanjutkan dengan ANBK tahap kedua," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma Supratman, MM melalui Kasi Kurikulum SD Sigit Budiyanto, SP, kemarin.

Untuk persiapan saat ini disampaikan oleh Sigit pihak sekolah yang akan melaksanakan ANBK mandiri sudah diberikan aplikasi crombox. Dan diharapkan pihak sekolah melalui operatornya untuk dapat langsung menginstal aplikasi tersebut.

 

"Terkait dengan aplikasi crombox, kami harapkan agar sekolah secara mandiri melakukan penginstalan. Karena terkait dengan hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma terkendala dengan SDM dan juga anggaran. Kemudian bagi sekolah yang sudah bisa menggunakan dan menginstal crombox diminta untuk berbagi ilmu dengan sekolah yang belum bisa menggunakan aplikasi tersebut," sambungya.

Terkait dengan hal ini ke depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma akan mengupayakan pendampingan secara penuh dengan sekolah yang akan menyelenggarakan ANBK.(adt)

Sumber: