Harga Kopi Capai Rp 25.000/Kg

  Harga Kopi Capai Rp 25.000/Kg

--

 

SEKALAK - Harga kopi  mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni mencapai  Rp 25.000 per kilogram.  Dikatakan Farhan (22) seorang petani kopi, sejak beberapa pekan terakhir Harga kopi  terus mengalami kenaikan. Sebelumnya Harga kopi di kisaran Rp 21.800 per kilogram, sekarang sekarang sudah capai Rp 25.000/kg.

"Naik terus harganya, harga tersebut dari petani, sebelumnya harga Rp 21.800 kini harganya Naik lagi menjadi Rp 25000 per kilogram," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga kopi saat ini karena permintaan kopi  cukup tinggi, baik dari luar daerah Kabupaten Seluma maupun dari pabrikan kopi. 

"Alhamdulillah dengan adanya kenaikan harga kopi seperti ini, petani bisa lebih untung, saya bertani kopi cukup jauh lokasinya di desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara. Di sana saja toke saat ini berani ambil harga Rp 25.000 per kg apalagi kalau kopi sudah dibawa keluar mungkin harga lebih tinggi lagi mengingat akses ke sana rute jalan sangat buruk" jelasnya. 

Diharapkannya dengan kenaikan harga ini terus berkelanjutan karena banyak komoditi dari hasil pertanian yang turun walaupun naik juga tidak sebanding dengan harga pupuk yang meroket naik.

" Saat ini keluhannya dipupuk ditambah BBM naik, kalau semuanya naik seharusnya harus diimbangi dengan kenaikan harga komoditi pertanian juga naik" kata Farhan.(ndo)

 

 

Penulis Eldo Fernando

Sumber: