Wabup Seluma Resmikan 13 PLTS Terpusat di Cahaya Negeri

 Wabup Seluma Resmikan 13 PLTS Terpusat di Cahaya Negeri

Wabup meresmikan PLTS di Puskesmas Cahaya Negeri--

 

 

CAHAYA NEGERI - Setelah selesainya pelaksanaan pemasangan program Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 13 Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Pada Kamis (22/9) dilakukan peresmian langsung oleh Wakil Bupati Seluma, Drs Gustianto. Pelaksanaan peresmian PLTS terpusat telah dilaksanakan di Puskesmas Cahaya Negeri yang berada di Kecamatan Sukaraja. Ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Seluma.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Seluma menyampaikan, dengan adanya program PLTS ini berkapasitas 5 - 10 kWh. Nantinya bisa membantu pasokan listrik ke puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Sehingga ketika terjadi pemadaman listrik nantinya tidak terjadi gangguan di setiap puskesmas. Mengingat di Kabupaten Seluma kerap terjadinya pemadaman arus listrik.

"Ini salah satu upaya dalam mendukung pelayanan kesehatan di setiap puskesmas. Walaupun nantinya ada pemadaman arus listrik, secara otomatis PLTS akan langsung menyala," sampainya.

Dalam kegiatan tersebut tampak dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma, Almedian Saleh, SKM ME, Kepala Dinas Kesehatan, Rudi Syawaludin, SSos. S tampak dihadiri juga dari Kepala Puskesmas Riak Siabun, Puskesmas Dusun Tengah dan Puskesmas Babatan yang juga ikut mendapatkan pemasangan dalam program PLTS.

"Dengan adanya PLTS ini, kita berharap dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat karena tidak terkendala lagi oleh listrik. Hari ini sudah mulai beroperasi," harapnya.

Diketahui jika, dalam pembangunan PLTS tahun 2022 ini telah dilaksanakan di 13 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), sebesar Rp 11 miliar. 13 Puskesmas yang mendapatkan program PLTS tesebut diantaranya Puskesmas Babatan, Puskesmas Kembang Mumpo, Puskesmas Muara Maras, Puskesmas Gunung Kembang, Puskesmas Cahaya Negeri, Puskesmas Riak Siabun, Puskesmas Dusun Tengah, Puskesmas Puguk, Puskesmas Rena Gajah Mati (RGM) dan lainnya yang telah tuntas dibangun. Serta telah diresmikan secara terpusat di Puskemas Cahaya Negeri.(ctr)

 

Sumber: