Tingkat Inflasi Daerah Seluma Hanya 5,9%

 Tingkat Inflasi Daerah Seluma Hanya 5,9%

Almedian Asisten Seluma--

 

PEMATANG AUR - Hingga saat ini tingkat inflasi di Kabupaten Seluma adalah 5,9 persen. Angka tersebut merupakan angka yang cukup rendah di tingkat Provinsi Bengkulu. Informasinya Kabupaten Seluma merupakan kabupaten kota terkecil angka inflasinya.

"Tingkat inflasi kita kecil. Kalau di tingkat Provinsi Bengkulu angka inflasi kita hanya 5,9 persen. Untuk tingkat kabupaten dan kota belum tahu secara mendetail," kata Asisten II Almedian Saleh, S.Km yang juga tim pengendali inflasi daerah.

Angka inflasi di Provinsi Bengkulu dikatakan juga terbilang rendah jauh dari tingkat angka inflasi nasional. 

Angka inflasi tersebut tidak lepas dari peran 10 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bengkulu. "Artinya dalam hal ini Provinsi Bengkulu menerima penghargaan dari bapak presiden dalam hal pengendalian laju inflasi. Nah tentunya tingkat inflasi Provinsi Bengkulu itu merupakan sumbangsih dari 10 kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Keberhasilan itu tidak lepas juga dari peran 10 kabupaten kota yang mampu mengendalikan inflasi," sambungnya.

Meski inflasi di Seluma terbilang rendah disampaikannya pemerintah daerah melalui tim pengendali inflasi daerah akan terus melakukan upaya-upaya sehingga dampak dari kenaikan BBM ini tidak memberikan lonjakan terhadap angka inflasi. Selain membuka bazar sembako murah, dan mengimbau kepada masyarakat bantuan dari pemerintah yaitu BLT BBM dan BLT Sembako digunakan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Lalu tim pengedali inflasi daerah juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah mereka dengan menanam tanaman yang cepat panen. "Apabila di perkarangan sudah ditanam sayuran cabai, dan tanaman lainnya setidaknya bantuan yang diterima masyarakat itu nanti bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Kita akan menggandeng DKP agar mensosialisasikan kepada KWT, camat dan pemerintah desa untuk memanfaatkan lahan perkarangan," tutupnya.(adt)

Sumber: