Harga TBS Sawit Naik Rp 1,400/Kg

 Harga TBS Sawit Naik Rp 1,400/Kg

sawit--

 

PAJAR BULAN - Harga Buah Tandan Segar (TBS) kelapa sawit mulai naik. Sekarang ini perkilogram yang dijual para petani RAM Kelurahan Pajar Bulan Kecamatan Semidang (SA) sebesar Rp 1.400. Sebagaimana diungkap Edy warga setempat dikonfirmasi kemarin (29/9). Ia mengatakan dengan naiknya harga sawit bisa sedikit membantu para petani, sehingga petani sawit mulai mengurus kembali kebun sawit mereka. Menurutnya jika harga sawit naik dengan harga normal bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Disampaikan Edy beberapa waktu lalu harga sawit sempat diangka Rp 1.300 namun hanya bertahan sebentar dan turun lagi. Sedangkan dalam dua hari ini harga TBS kembali naik menjadi Rp 1.400/Kgnya ini merupakan kabar gembira bagi para petani sehingga petani khususnya petani sawit tidak mengalami kerugian yang berlarut.

"Sekarang ini harga TBS sudah mulai beranjak naik membuat petani semakin bergairah untuk mengurus perkebunan mereka," ungkapnya. 

Dia menambahkan bahwa para petani mengharapkan agar harga sawit terus mengalami peningkatan. Sebab sudah beberapa bulan terakhir harga sawit terjun bebas akibat kebijakan pemerintah untuk melarang CPO Ekspor. Sehingga membuat sejumlah daerah gelisah dan mengeluh karena harga tidak sesuai.

"Sekarang ini meski harga tidak semahal sebelum larangan ekport namun sudah cukup menggembirakan karena petani sudah tidak rugi lagi saat panen," ujarnya.

 

Sumber: