2500 Sertifikat PTSL Segera Dibagikan

 2500 Sertifikat PTSL Segera Dibagikan

 

PEMATANG AUR - Sebanyak 2.500 percil sertifikat pendataan tanah sistematis lengkap (PTSL) saat ini siap dibagikan. Hanya saja, kantor Agraria Tata Ruang Badan/ Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Seluma masih menunggu arahan dari Kanwil ATR/BPN Provinsi Bengkulu. Untuk waktu pembagiannya kepada masyarakat di Kabupaten Seluma.

Kepala BPN Seluma, Jakiwan Hadinata mengatakan setelah arahan dan petunjuk untuk pelaksanaan penyerahan disampaikan. Barulah BPN Seluma akan membagikan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Seluma. "Kapan akan diserahkan, sampai saat ini kami masih menunggu arahan dari Kanwil BPN Provinsi. Karena biasanya ada penyerahan simbolis baik dari pejabat provinsi maupun dari pemerintah pusat. Tapi kalau memang tidak ada, nanti akan langsung kami serahkan," tegas Kepala BPN Seluma.

Sementara itu, Kepala BPN Seluma mengatakan untuk Seluma sendiri mendapatkan kuota penerbitan sertifikat PTSL sebanyak 4.220 percil. Sehingga saat ini masih ada yang belum dicetak. Serta masih dalam proses pengukuran oleh petugas di BPN di lapangan. Bersama dengan masyarakat yang mengajukan penerbitan sertifikat program PTSL.

"Untuk kuota keseluruhan tahun 2022 ini sebanyak 4.220 pecil. Saat ini masih ada yang sedang dalam proses pengukuran lahan. Kemudian setelah semuanya lengkap akan diterbitkan peta bidang tanah (PBT). Serta akan dijadikan dasar penerbitan sertifikat PTSL," ujarnya. Jakiwan mengatakan untuk penerbitan sertifikat PTSL tidak dipunguta biaya. Karena memang program ini gratis dari pemerintah. Bagi masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Seluma. Untuk bisa mendapatkan sertifikat lahan mereka. (ndo)

Sumber: