Harga TBS di BS Mulai Naik

Harga TBS di BS Mulai Naik

sawit--

 

BENGKULU SELATAN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan, mulai beranjak naik dari angka Rp 50 rupiah perkilogram hingga Rp 85 perkilogram.

 

Humas PT BSL Idius Safari, mengaku kenaikan harga TBS di angka Rp 85 tiap per kilogram. Jadi harga Umum Rp 1.440 per kilogram menjadi Rp 1.525 tiap kilogram. Sedangkan harga mitra sebelumnya di angka Rp 1.650 tiap kilogram, hari ini berubah di angka Rp 1.735 per kilogram,"ungkap Idius pada Minggu (18/9/2022).

 

Sementara itu,  di tiga PKS lainya tidak mau kalah, hari ini juga ikut naikan harga TBS sawit. PT SBS sebelumnya di angka Rp 1.440 per kilogram menjadi Rp 1.490 per kilogram.

 

Sementara itu, Asisten PT CBS, Yuliman mengatakan harga TBS sawit diangka Rp 1.510 perkilogram sebelumnya untuk wilayah Bintuhan, wilayah padang guci Rp 1.600 dan wilayah Manna Rp 1.680 perkilogram, berubah menjadi Rp 1.560 perkilogram untuk wilayah bintuhan, wilayah padang guci Rp 1.650 dan wilayah Manna 1.730 perkilogram. Dan begitupun dengan PT APLS yang berada di Desa Beriang Tinggi Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur, juga ikut merubah harga dari Rp 1.670 perkilogram menjadi Rp 1.720 perkilogram.

 

"Dengan adanya peningkatan harga TBS di seluruh PKS di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, otomatis harga tingkat petani juga ikut naik. Saat ini harga TBS bervariasi mulai dari Rp 1.350 sampai dengan 1.450 perkilogram di supplier atau toke,"pungkas Yuliman.

 

Awen Petani sawit warga Pino Raya mengharapkan harga TBS kembali normal seperti sebelumnya, yakni diangka Rp 2000 perkilogram. Sebab, petani sangat merasakan rugi anjloknya harga TBS, terlebih harga pupuk mahal, dan kebutuhan pahang mengalami kenaikan harga.

 

"Kita berharap harga TBS stabil, karena kesusahan para petani tak terbayangkan,"keluh Awen.

 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD BS Holman,SE mengharapkan harga TBS terus mengalami peningkatan. Jangan sampai petani semakin merugi. Terlebih lagi beban petani sudah banyak yang dihadapkan harga pupuk mahal.

 

"Kita minta pihak pabrik dapat menstabilkan harga TBS. Untuk pengawasan akan terus dilakukan,"pungkas Holman.(yes)

Sumber: tbs