35 Rumah Warga BS Dimasukkan Aliran Listrik Gratis

35 Rumah Warga BS Dimasukkan Aliran Listrik Gratis

Pendataan oleh Bapeda--

 

BENGKULU SELATAN - Memastikan calon penerima program bantuan listrik gratis bagi warga miskin di Bengkulu Selatan (BS) benar-benar tepat sasaran, saat ini pihak Badan perencanaan pembangunan daerah penelitian pengembangan (Bappeda-litbang) BS turun ke lapangan.

Mereka memverifikasi calon penerima bantuan.

"Saat ini sedang memverifikasi rumah warga yang akan menerima bantuan listrik gratis," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda-Litbang BS, Rendra Pebrianto MSi melalui Kasubid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM), Hamzah Pansuri SE.

Dikatakan Hamzah, untuk tahun 2022 ini, ada 35 rumah warga BS yang akan mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis. Sedangkan tahun 2021 lalu ada 34 rumah.

Setelah semua calon penerima diverifikasi dan dinyatakan semuanya layak mendapatkan bantuan penerangan listrik bagi warga miskin, maka segera merealisasikan pemasangan jaringan listrik ke rumah-rumah penerima bantuan.

 

"Usai verifikasi, program ini kami realisasikan,"beber Hamzah.

Ditambahkan Hamzah, saat ini pihaknya melalukan verifikasi rumah warga yang calon penerima program listrik gratis di Desa Ganjuh, Pino.

Hal itu dimaksudkan untuk memastikan apakah yang bersangkutan layak menerima bantuan atau tidak.

Adapun warga yang layak mendapatkan bantuan ini yakni warga miskin yang memiliki rumah sendiri, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, rumah masyarakat yang akan menerima bantuan ini juga harus dekat dengan kabel tegangan menengah (TM) milik PLN. Sebab, jika jaraknya jauh dari kabel tersebut akan sulit untuk diakomodir pemasangan listrik gratis.  "Adanya program listrik gratis ini dapat membantu warga miskin untuk dapatkan penerangan,"pungkas Hamzah.(yes)

Sumber: