Tempat Pelelangan Ikan BS, Rusak Parah

 Tempat Pelelangan Ikan BS, Rusak Parah

Teempat Pelelangan Ikan BS yang bisa menghasilkan PAD, rusak--

 

BENGKULU SELATAN - Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  satu-satunya terbesar di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berada di Pantai Pasar Bawah sudah rusak parah. TPI ini, sudah rusak menahun  namun tidak menyurutkan pengujung untuk mendapatkan ikan segar di bawah bangunan gedung TPI yang saat ini rusak. Bahkan mengancam keselamatan pembeli, pedagang, nelayan melelang ikan hasil tangkapannya setiap hari.

 

"Sangat memperihatinkan gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pasar Bawah yang satu-satunya terbesar di Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi pusat tujuan utama para pembeli ikan segar rusak menaun, dan seharusnya tidak terjadi,"ungkap Rohi salah satu pembeli ikan warga Kota Manna.

 

Dikatakan Rohi, gedung tersebut tidak seharusnya dibiarkan rusak seperti itu, karena lambat laut akan mengancam jiwa para pedagang ikan, pengujung dan nelayan. Sebab, kondisi gedung tersebut sudah tinggal menunggu waktu ambruk karena rangka bangunan sudah banyak rapuh dimakan rayap. Tentunya pemerintah harusnya tidak berdiam diri karena pasilitas tersebut sangat dibutuhkan oleh nelayan agar kelangsungan transaksi jual beli tetap nyaman.

 

"Kami selaku pengujung  sangat berharap dukungan pemerintah untuk merehap gedung TPI sudah lama rusak terbengkali ini,"pungkas Rohi.

 

Hal senada diutarakan Anto nelayan Pasar Bawah,  gedung TPI di Pantai Pasar Bawah mengalami kerusakan sudah menaun, sudah biasa dijadikan para nelayan jual beli ikan namun para nelayan tetap berharap gedung tersebut direhap agar tidak terjadi hal-hal yang tak dikehendaki. Terlebih beberapa rangka penahan bangunan sudah banyak rapuh, seng sudah banyak yang rapuh bahkan seng sebagian sudah banyak lepas akibat tiuapan angin.

 

"Sebenarnya para nelayan sudah lama mengusulkan kepada pihak pemerintah untuk diperbaiki gedung TPI tersebut agar para nelayan, pedagang, pembli ikan nyaman namun sebaliknya gedung tersebut sampai saat ini belum juga dilakukan rehap. Mungkin, sudah telan korban jiwa baru ada perhatian pemerintah,"sesal Anto.

 

Sementara itu, kepala Dinas Perikanan Tangkap BS, Santono M.Pd mengaku  gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI) satu-satunya terbesar di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berada di Pantai Pasar Bawah sudah menaun rusak bahkan usaha pihak dinas perikanan mengusulkan bantuan melalui dana APBN  rehap namun belum mendapatkan hasil yang diharapkan, tapi tetap berharap kepada pembeli, nelayan serta pedagang ikan yang saat ini masih memanfaatkan gedung tersebut untuk selalu waspada agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki.

 

"Untuk rehap gedung TPI Pasar bawah muda-mudahan tahun depan dilaksanakan. Sebab, ada dukungan dana APBD, terlebih lagi, ada sport dewan,"pungkas Santono.(yes)

 

Sumber: