Distan Salurkan Ribuan Benih Ikan

Distan Salurkan Ribuan Benih Ikan

Salurkan benih ikan--

PEMATANG AUR - Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Dinas Perikanan Kabupaten Seluma sepanjang tahun 2022 ini telah menyalurkan bantuan benih ikan kepada kelompok budidaya ikan dan juga masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Setidaknya ada sebanyak kurang lebih 121.500 benih ikan yang telah disalurkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Seluma. Yang terdiri dari benih nila sebanyak 116.500 benih. Serta 5000 benih ikan lele. 

"Kita sudah menyebarkan atau membagikan bibit ikan nila dan lele yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma. Diantaranya untuk kelompok budidaya dan masyarakat secara perorangan," sampai Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Zuraini, SP MSi kepada Radar Seluma.
Penyaluran bantuan bibit ikan terhadap kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Seluma. Dengan tujuan untuk memaksimalkan produksi dari sektor perikanan, mengingat Kabupaten Seluma sebagian besar adalah laut. Ribuan bibit ikan nila dan lele tersebut diketahui merupakan bibit ikan yang berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan Kabupaten Seluma. "Untuk 10 ribu benih ikan kemarin kita tebar di Tebat Ratu Desa Lunjuk dan di tempat lokasi wisata Napal Jungur," ujarnya.
Program ini juga merupakan program rutin yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Seluma. Dimana, sejauh ini Dinas Perikanan Kabupaten Seluma telah memiliki indukan ikan sebanyak kurang lebih 400 ekor indukan ikan nila dan lele.
Zuraini juga menerangkan, jika penyaluran bantuan bibit ikan nila tersebut, berdasarkan proposal yang telah diajukan oleh para kelompok pembudidaya ikan. Untuk saat ini BBI yang dikelolanya oleh Dinas Perikanan Kabupaten Seluma hanya membudidayakan khusus ikan nila dan lele. Bagi masyarakat yang membutuhkan bibit ikan nila, kelompok pembudidaya ikan diharuskan terlebih dahulu mengajukan permohonan berupa proposal terlebih dahulu. Lantaran nantinya akan dimasukkan terlebih dahulu kedalam daftar tunggu, mengingat persediaan bibit ikan nila yang dimiliki terbatas.
"Kita harapkan, dengan adanya bantuan benih ikan ini dapat membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Seluma," pungkasnya.(ctr)

Sumber: