47 SMP Ikut ANBK, 36 Pelaksana, 11 Numpang

 47 SMP Ikut ANBK, 36 Pelaksana, 11 Numpang

Salah satu SMPN di Seluma--

 

SIDO LUHUR - 47 SMP se Kabupaten Seluma ikut Asismen Nasional Bermasis Komputer (ANBK). ANBK ini adalah untuk menentukan nilai raport pendidikan dan raport sekolah. Dari 47 SMP yang ikut, 36 sekolah sebagai pelaksana sedangkan yang 11 sekolah numpang di sekolah yang lain. Sekolah yang numpang Asismen di sekolah lain karena kurangnya sarana dan jaringan internet di sekolahnya yang tidak memadai. 

Sedangkan pelaksanaan mulai tanggl 19-22 September dibagi dua gelombang, gelombang pertama 19-20 September, dan gelombang kedua 21-22 September mendatang, saat ini sedang berlangsung gladi bersih.

 Hal ini seperti dikatakan Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan  Kabupaten Seluma Marwan Rozali, M.Pd. "ANBK akan dilaksanakan  19-22 September mendatang dibagi dalam dua gelombang. Untuk Kabupaten Seluma 47 SMP ikut Asismen, 36 sekolah pelaksana,  dan 11 numpang di sekolah lain," katanya.

Dilanjutkannya ANBK merupakan penilain dari Kemendikbud untuk menentukan raport pendidikan dan raport sekolah. "ANBK adalah untuk penilain raport sekolah. Yang dinilai atau yang disurvey bukan hanya peserta didik kelas VIII saja melainkan guru dan  kepala sekolah juga disurvey atau diasesmen. Tinggi rendahnya nilai raport sekolah juga bukan terpaku dengan hasil Asismen, tetapi nilai penerta didik dan kelengkapan pembelajaran guru bidang studi juga ikut menentukan," tambah Marwan.

Kemudian materi yang diasesmen atau disurvey adalah literasi normasi, survey lingkungan, dan lainnya. "Materi survey adalah survey literasi normasi dan survey lungkungan untuk peserta didik, sedangkan guru dan kepala sekolah materinya tersendiri ditentukan oleh kementerian. Dan penilaian ini merupakan kompetensi minimum literasi. Peserta didik ditentukan berdasarkan perwakilan, maksimal 40 orang, jika kelas VIIInya di bawah jumlah itu bisa jadi sekolah mengikutkan seluruh siswa di kelas tersebut," tutupnya. (mrs)

 

Sumber: