13.328 UMKM di Seluma Sudah Terdata oleh Enumerator

13.328 UMKM di Seluma Sudah Terdata oleh Enumerator

nelayan dan petani kesusahan mendapatkan solar subsidi--

 

PEMATANG AUR - Maswin, Kabid Koperasi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop)  Kabupaten Seluma menyampaikan hingga saat ini sudah ada 13.328 UMKM yang didata oleh 70 orang E-Numerator yang ada di Kabupaten Seluma. Target dari kementerian, khususnya untuk Kabupaten Seluma diwajibkan mendata sebanyak 35 ribu UMKM.

"Sudah berlangsung dan saat ini sudah ada 13.328 UMKM yang terdata. Pendataan akan berakhir pada bulan Oktober mendatang. Ya target dari kementerian itu 35 ribu UMKM yang harus terdata. Apabila tidak tercapai maka tidak masalah, hal itu dikarenakan untuk jumlah yang non pertanian di Kabupaten Seluma mungkin di bawah target itu," kata Maswin saat ditemui Radar Seluma, kemarin (9/9).

Untuk besaran insentif yang diterima oleh Enumerator tergantung dengan jumlah UMKM yang sudah didata. Satu UMKM yang didata Enumerator akan menerima Rp20 ribu.

Dijelaskan oleh Maswin awal mulanya direkrut sebanyak 75 orang Enumerator. Hal itu untuk mengantisipasi apabila ada yang mengundurkan diri. Dan saat ini sudah ada lima orang yang mengundurkan diri. Sehingga sekarang hanya ada 70 orang Enumerator. 

Sementara itu pendataan ini sendiri dilakukan guna meningkatkan peran pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Koperasi dalam perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan ketangguhan perekonomian bangsa, ketersediaan Data pelaku KUMKM menjadi sangat penting bagi pemerintah dalam mengakselerasi intervensi program agar tepat sasaran berdasarkan karakter, kebutuhan, dan lokasi usaha.

Data juga sangat dibutuhkan untuk melihat bagaimana intervensi yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha mampu meningkatkan kapasitas usaha. Data yang dinamis juga akan membantu pemerintah dalam melakukaan monitoring dan evaluasi program-program pemberdayaan KUMKM serta sebagai dasar perumusan kebijakan.(adt)

Sumber: