Sebulan 13 Orang Warga Seluma Jadi Pekerja Migran

  Sebulan 13 Orang Warga Seluma Jadi Pekerja Migran

Kadis Nakertrans Seluma--

 

PEMATANG AUR - Jumlah masyarakat Kabupaten Seluma yang bekerja ke luar negeri semakin meningkat. Sejak bulan Agustus sampai dengan bulan ini sudah ada 13 orang warga Kabupaten Seluma yang memilih untuk berangkat bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Dari 13 orang ini tujuan paling banyak yaitu di Taiwan, dan kemudian Jepang. Selain dua negara tersebut negara tujuan lainnya adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Kurwait, Poland, dan Hongkong.

"Dari bulan Januari sampai dengan bulan ini sudah ada 37 orang masyarakat Kabupaten Seluma yang berangkat ke luar negeri melalui jalur resmi prosedur. Untuk Agustus sampai dengan bulan ini ada 13 orang yang akan berangkat bekerja ke luar negeri. Mereka yang bekerja di luar negeri ini merupakan penghasil devisa. Karena uang dari luar negeri nanti akan dibawa ke daerah. Kemudian juga gaji menjadi PMI ini juga lumayan besar kisaran Rp10 juta hingga Rp13 juta," kata Rosdiana, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Seluma, kemarin.

Disampaikan oleh Diana kebanyakan alasan dari masyarakat hendak bekerja ke luar negeri adalah faktor ekonomi, dan hendak mengangkat derajat keluarganya.

"Sebelum kita berikan rekomendasi, akan kita lakukan pengecekan terhadap penempatan kerjanya nanti. Kebanyakan yang bekerja ke luar negeri alasannya karena faktor ekonomi. Kita imbau agar apabila hendak bekerja ke luar negeri lebih baik melewati jalur resmi. Dari yang sudah kita rekomendasikan paling banyak itu tujuannya ke Taiwan," tutupnya.(adt)

Sumber: