Infrastruktur Pertanian Rusak Pasca Banjir,Perlu Pembangunan

 Infrastruktur Pertanian Rusak Pasca Banjir,Perlu Pembangunan

Sosialisasi sapras.pertanian--

 

 

PADANG MERBAU- Bertempat di kantor Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma mensosialisasikan kepada petani sawit  tentang program pengembangan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma , Arian Sosial menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan produktifitas hasil dari perkebunan kelapa sawit.

" Ini merupakan program nasional dari dirjen sapras perkebunan kementrian Pertanian, bertujuan untuk memperhatikan apa kebutuhan petani sawit yang terjadi seperti contoh petani kelapa sawit butuh infrastruktur jalan,perlu pupuk, atau kepentingan petani dalam meningkatkan hasil perkebunan sawit.nah, dengan demikian dalam acara sosialisasi ini petani harus lebih tajam dalam mengusulkan apa kebutuhan yang memang diperlukan, setelah menampung usulan dari petani kami juga akan mengusulkan ke kementrian " sampai Arian.

Disisi lain, mengenai banyaknya infrastruktut Pertanian yang rusak pasca banjir kepala Dinas Pertanian menyampaikan bahwa memang banyak laporan mengenai dampak banjir yang merusak irigasi lahan Pertanian.

 

" Kami sudah membentuk tim di dinas Pertanian untuk mendata dan memvalidasi berapa kerusakan irigasi dengan berapa panjang rusaknya ataupun rusak parah ataupun ringan, serta mendata berapa keseluruhan lahan Pertanian yang terendam banjir kami lagi memvalidasi semuanya. Sesudah validasi nanti kami akan sampaikan ke BPBD, Kalau untuk dibangun itu tergantung dengan ketersediaan anggaran yang ada ditanggap darurat kalaupun nanti tidak ada ditanggap darurat kita programkan rehab didana rutin APBN, TP, DAK ataupun APBD, yang jelas tidak bisa secara cepat perlu proses" kata Arian. (ndo)

Sumber: