2022, Seluma Sudah 2 Kali Banjir

2022, Seluma Sudah 2 Kali Banjir

Jalan banjir--

 

PEMATANG AUR - Anggota DPRD Kabupaten Seluma Tenno Heika menyampaikan untuk mengatasi banjir yang terus terjadi berulang-ulang khususnya di Desa Sukarami, Kecamatan Seluma Selatan perlu dilakukan pengerukan dasar sungai dan juga pemotongan alur sungai. Menurut Tenno hal ini sudah harus dilakukan oleh pemerintah daerah, karena mengingat dalam tahun ini saja sudah dua kali sejumlah wilayah di Kabupaten Seluma terendam banjir akibat hujan deras.

"Pemda agar segera menyelesaikan persoalan banjir yang berulang-ulang. Apalagi dalam tahun ini saja dua kali banjir. Terutama untuk pendangkalan alur, dan kemudian untuk pemotong alur sungai. Seperti di Desa Jenggalu. Ini tugas kita bersama untuk PU agar ke Sumatera VII melaporkan segera sehingga bisa dilakukan pemotongan alur," kata Tenno, kemarin.

Untuk antisipasi awal dikatakan Tenno DPRD Kabupaten Seluma bersama dengan TAPD akan menganggarkannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni.

"Ini menjadi tugas kita bersama untuk mengatasi banjir yang semakin hari semakin besar. Bisa juga dianggarkan pemotongan alur melalui karya bakti TNI. Kalau di Jenggalu dulu untuk pemotongan alur ini menelan biaya Rp500 juta. Apalagi untuk yang di Sukarami tidak begitu panjang. Nah ini kan semakin dekat ke desa. Bukan tidak mungkin ke depannya dengan debit hujan yang semakin tinggi hal ini menjadi persoalan baru di tengah masyarakat," jelasnya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya banjir terjadi pada bulan Juni lalu, dan masih pada tahun yang sama pada bulan Agustus banjir kembali terjadi di Kabupaten Seluma.(adt)

Sumber: