67 Ternak Lagi Terpapar PMK di Bengkulu Selatan

 67 Ternak  Lagi Terpapar PMK di Bengkulu Selatan

Vaksin Ternak--

 

BENGKULU SELATAN - Ternak di Bengkulu SELATAN (BS) terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) saat ini terus berkurang. Bahkan dari ribuan ternak yang terpapar PMK, saat ini hanya tersisa kurang dari 0,05 persen lagi dari sebelum sembuh.

"Tersisa 67 ekor lagi ternak yang belum sembuh dari PMK,"ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Bengkulu SELATAN (BS), Edi Siswanto SPt  didampingi Kabid Peternakan, Yasirli SP.MM.

Dikatakan Yasirli, hingga saat ini ternak di BS yang terpapar PMK mencapai 2.593 ekor dengan rincian 2.278 ekor sapi, 320 kerbau dan 5 ekor kambing. Semua ternak yang terpapar PMK tersebut tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah BS. Dari jumlah tersebut ada 12 ekor ternak berupa sapi yang mati, dengan rincian 11 ekor di Kecamatan Pino Raya dan 1 ekor di Kecamatan Bunga Mas.

"Semua ternak yang terpapar PMK sembuh setelah semuanya kita obati,"kata Yasirli.

Yasirli mengaku, awal PMK merebak di BS, pihaknya mendapat bantuan vaksin PMK sebanyak seribu dosis. Setelah vaksin tersebut habis, kembali mendapat bantuan vaksin lagi sebanyak 4 ribu dosis. Hanya saja, karena penyebaran PMK sangat cepat menular ke ternak lain. Sehingga ternak di semua Kecamatan di BS terpapar PMK. Dengan begitu hanya 148 dosis saja yang terpakai. Saat ini ada 3. 852 dosis lagi  vaksin PMK yang tidak terpakai.

"Untuk vaksin PMK yang tidak terpakai ini kami kembalikan ke pusat agar bisa disalurkan ke daerah lain yang masih terpapar PMK,"beber Yasirli.

Sambung Yasirli, ternak di BS yang sudah sembuh dari PMK, optimis dalam waktu dekat BS terbebas dari PMK. Sebab petugas kesehatan hewan setiap saat selalu turun ke lapangan memantau kondisi ternak.

"Ketika ada yang terpapar PMK, oleh petugas langsung memberikan obat dan vitamin. Dengan adanya pengobatan tersebut, diharapkan ke depannya ternak yang terpapar dapat sembuh semua,"harap Yasirli.(yes)

Sumber: