Hutan Gundul, Penyebab Banjir di Seluma

Hutan Gundul, Penyebab Banjir di Seluma

Jalan banjir--

 

PEMATANG AUR - Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto menyampaikan ke depan pemerintah daerah Seluma daerah akan fokus untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Seluma. Disampaikan Wabup bahwa salah satu penyebab banjir adalah kerusakan hutan yang dahsyat yang berada di hulu sungai. "Ke depan kita akan mencari sepakat untuk memecahkan masalah ini. Dari hulunya. Artinya ini kan perusakan hutan yang begitu dahsyat. Sehingga ini berdampak kepada banjir. Dan jni ditambah lagi dengan hujan yang begitu deras dan lama. Ditambah lagi dengan kondisi air laut yang pasang atau bahasa dusunnya nyenak. Oleh karena itu ke depan kita akan memikirkan bagaimana melakukan penyempurnaan sungai," kata Wabup, kemarin.

 

Kemudian dijelaskan oleh Wabup sedimintasi atau pendangkalan sungai di Kabupaten Seluma sudah sangat tinggi. Sehingga perlu dilakukan normalisasi sungai sebagai upaya memperlancar laju air di sungai sehingga tidak lagi banjir. "Sehingga tahun depan atau 2023 nanti kita akan sama-sama menganggarkan untuk melakukan upaya normalisasi sungai. Kemudian yang juga perlu diperhatikan bahwa dengan normalisasi nanti akan ada dampak lagi. Yang tentunya harus dilakukan kajian-kajian terlebih dahulu," jelasnya.

 

Normalisasi ini dinilai sangat penting, mengingat saat ini sejumlah sungai sudah mengalami pendangkalan. Untuk itu, ke depan jelas akan melibatkan sejumlah tenaga ahli dalam melakukan normalisasi dengan melakukan kajian mendalam.

Terpisah, Anggota DPRD Seluma fraksi Nasdem Tenno Heika S.Sos menegaskan perlu keseriusan oleh pemerintah Kabupaten Seluma dalam penanganan banjir yang terjadi. Pasalnya, apabila curah hujan yang intens terjadi maka kelang tidak lama kemudian di sejumlah titik lokasi sudah banjir. Bahkan ini terjadi bukan satu kali bahkan sudah berulang ulang. Sehingga pemerintah seluma di minta serius dalam meniondak lanjuti akan banjir termasuk longsor ini.

“Sekarang pemerintah seluma harus memikirkan ke depan dan jangka panjang agar jangan sampai setiap hujan banjir. Sehingga harus ada langkah kongkrit dalam penanganan banjir ini," tutupnya.(adt)

Sumber: