Sandia Uno Siap Nyapres, Gerindra Singgung Etika

Sandia Uno Siap Nyapres, Gerindra Singgung Etika

Sandia Uno--

 

RADARSELUMA.DISWAY.ID – Suhu politik di Partai Gerindra memanas. Ini setelah Wakil Ketua Desan Pembina Partai Gerindra, Sandia Uno menyatakan siap diusung partai lain untuk menajdi calon presiden. Beberapa pihak di Partai Gerinda langsung merespon. Pasalnya, dalam rapimnas Gerinda, disepakati, bahwa yang diusung untuk Capres 2024 dari Partai Gerinda adalah Prabowo Sunianto.

Kepada Wartawan, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengingatkan kepada Sndia Uno untuk tahu etika. Disebutkannya, gerindra tidak dalam posisi melarang apabila ada kader internal menyatakan siap berkontestasi pada Pilpres 2024. 

"Kami, tidak dalam posisi melarang," kata Dasco ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9).

Dasco hanya mengingatkan tentang etika yang sebenarnya bisa dilaksanakan Sandiaga dalam berpolitik. Dikatakan Dasco sebagai kader Gerindra, Sandiaga sudah tahu bahwa yang disung adalah Prabowo Subianto. 

"Kan, beliau seorang yang aktif berpolitik, tentunya yang bersangkutan  tahu batas-batas dan etika ketika kemudian mau maju menjadi capres apalagi dari partai lain, kan, begitu," ujar Dasco. 

 

Diungkapkannya, Gerindra dalam rapimnas, sudah menghasilkan ketetapan mengusung Prabowo menjadi Capres 2024 dari partai yang berdiri pada 2008 itu. "Kan  sudah jelas. Kalau di Gerindra sudah final bahwa calon presiden ialah Pak Prabowo, kan, sudah diketok. Dinyatakan dalam rapimnas," ujar Dasco.


Ketua DPP gerindra--

 

Sebelumnya, kader Gerindra Arief Poyuono sempat bereaksi keras menyikapi pernyataan rekan separtainya Sandiaga Uno yang mengaku siap maju sebagai kontestan Pilpres 2024. Bahkan Arief menyarankan Sandiaga mundur dari Gerindra, jika pria yang sekarang menjabat Menparekraf itu maju Capres 2024.  "Iya dia harus paham politik. Sebaiknya Sandiaga Uno mundur dari Gerindra. Baru dia bisa menyatakan maju capres," katanya.

 

Pasalnya menurut Arief, Gerindra dalam Rapimnas sudah membuat keputusan dan menyatakan seluruh kader partai berwarna kebesaran putih itu mendukung Prabowo menjadi Capres 2024. Prabowo di sisi lain sudah menjawab keinginan kader saat Rapimnas Gerindra. Eks Danjen Kopassus itu menerima usulan dari kader partainya. "Sebab, hasil rapimnas sudah menetapkan Prabowo sebagai capres," kata Arief.

Jika Sandiaga masih maju dan masih kader Gerindra, dia justru mengkhianati hasil Rapimnas Gerindra yang menyatakan Prabowo sosok Capres 2024 dari partai berlambang Kepala Burung Garuda itu. 

Sumber: