Melihat Wisata Desa Pandan

Melihat Wisata Desa Pandan

Suasana di Desa Pandan--

SELUMA UTARA - Bicara Objek wisata di Kabupaten SELUMA cukup banyak. Namun, beberapa potensi wisata belum digarap secara maksimal. Sehingga, hal ini harus menjadi perhatian pemerintah kedepan agar dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAS).

Saat ini, Objek wisata di Desa Pandan Kecamatan SELUMA Utara mulai dipadati pengunjung. Objek wisata ini menawarkan wisata arung jeram, Tubing, persawahan, air terowongan jeregungan, Rapting, berayunan dibawah jembatan degan ketinggian 20 meter, Bumi Perkemahan, air terjun tiga tingkat serta makanan khas sambal tutus dengan gulai Kepahiang.

"Sekarang sudah mulai banyak pengunjung yang datang untuk arung jeram," sampai Pokdarwis Desa Pandan, Leo Nardo. Pokdarwis kata Leo, sedang menggarap beberapa potensi lainnya yang akan dikembangkan untuk menambah pendapatan desa. Sepeti air terjun tiga tingkat dan masih banyak potensi lainnya. Pokdarwis saat ini, masih terus melakukan pengelolaan potensi objek wisata dalam kemasan alam asri yang membentang.

"Wisatawan juga bisa melakukan kemah. Karena kami menyiapkan lahan untuk perkemahan di dekat lokasi arung jeram," jelasnya. Selain itu, kedepannya di wisata Desa Pandan juga akan di bangun aula tempat pertemuan, nantinya aula ini di targetkan untuk instansi, perusahaan atau kelompok-kelompok tertentu seperti kelompok arisan dan lainya untuk melaksanakan acara di aula tersebut.

"Aula pertemuan ini rencana dalam waktu dekat kita bangun di tengah persawahan dan menghadap ke sungai. Kalau untuk saat ini kita baru menyediakan pondokan saja, jika untuk pertemuan sekala kecil sudah bisa di pakai," tandasnya. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini, hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan menggunakan mobil dari jalan lintas barat. Masuk ke arah Kecamatan SELUMA Utara setelah berada di Kelurahan Bunga Mas Kecamatan SELUMA Timur. (**)

Sumber: