Akses Seluma Selatan ke Ilir Talo Terputus

 Akses Seluma Selatan ke Ilir Talo Terputus

Jembatan putus--

 

PASAR SELUMA - Pasca musibah bencana alam banjir yang sempat terjadi di sejumlah titik wilayah Kabupaten Seluma. Tidak hanya merendam ratusan rumah dan area perkebunan saja. Melainkan juga menyebabkan beberapa fasilitas umum rusak berat. Hal tersebut seperti yang terjadi di lima titik akses jalan. Yakni akses jalan milik Pemerintah Provinsi (Akses jalan Pesisir Barat) yang berada di daerah Kasut yang merupakan akses jalan dari Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan menuju ke Kecamatan Ilir Talo. Pada saat ini mengalami putus total di dua titik.

Berikutnya Dua akses jalan yang berada di wilayah Kecamatan Seluma Kota yakni jalan menuju Mandi Angin Kelurahan Napal dan jalan menuju lokasi Pasar Sembayat yang berada di Kelurahan Bunga Mas, Kecamatan Seluma Timur juga mengalami amblas. Serta jembatan jalan akses sentra produksi yang berada di Desa Air Kemuning, Kecamatan Sukaraja juga rusak berat akibat diterjang banjir.

Dikatakan Kepala Desa Pasar Seluma, Hertoni, jika pada Selasa (30/8) dinihari, pada saat kondisi cuaca ekstrim mengakibatkan debit air tinggi. Pasca hujan dan kiriman air dari hulu pecahan air Sungai Metan menyebabkan badan jalan sekitar ratusan meter terseret air yang membuat kedalaman mencapai 3 meter. Dirinya mendapatkan laporan sekitar pukul 09.00 WIB dari salah satu masyarakat. Jika ada jalan perlintasan di desa Pasar Seluma menuju ke Desa Rawa Indah mengalami putus total dan jalan tersebut tidak bisa dilalui masyarakat.

"Jam 9 pagi kemarin, kita dari Desa Pasar Seluma dapat laporan masyarakat. Jika ada jalan penghubung Desa Rawa Indah sudah putus total, sekitar 100 meter sudah putus dan sudah digenangi air sedalam 3 meter," sampai Hartoni.


--

Dampak dari putusnya jalan ini membuat akses 2 desa terhambat. Tercatat ada sekitar 30 KK warga Pasar Seluma yang berada di afdeling 2 Seluma saat ini tidak bisa keluar dari kawasan tersebut. Kemudian sejumlah sumur tercemar dan masyarakat kesulitan air bersih. Untuk sementara warga didistribusikan air galon oleh perusahaan yang berdomisili di kawasan.

"Kita meminta kepada Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk dapat segera mengantisipasi musibah yang terjadi ini. Masyarakat sangat khawatir jika tidak cepat ditanggulangi nantinya dapat melebar ke pemukiman warga," harapnya.

Sementara itu, guna menindak lanjuti hal tersebut. Dengan susahnya akses masyarakat untuk mencari bahan pokok dan mencari air bersih. Maka dirinya sudah memberikan bantuan tersebut dengan masyarakat sekitar. "Saat ini, kita pihak desa Pasar Seluma, Camat  sudah memberikan bantuan dengan masyarakat sekitar," pungkasnya.(ctr)

 

Sumber: