LPPM Universitas Bengkulu Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa dan Virgin Coconut Oil di Lokasi Baru

 LPPM Universitas Bengkulu  Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa dan Virgin Coconut Oil  di  Lokasi Baru

Pengolahan Kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) oleh Masyarakat Desa Lokasi Baru,Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. --

 


SELUMA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu (UNIB) menggelar pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa dan Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Seluma, kegiatan telah dilaksanakan 14-15 Agustus 2022.


--
Dikatakan Nola Windirah, S.P., M.Si (Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB) bahwa kegiatan ini salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat didesa Lokasi baru terhadap pengelolaan minyak goreng kelapa dan VCO serta memanfaatkan potensi desa yakni Kelapa untuk dijadikan produk unggulan desa

"Kegiatan di kelola oleh Nola Windirah, S.P., M.Si (Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB)
,Ir. Basuki Sigit Priyono, M.Sc (Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB), Agung Trisusilo, S.P., M.P (Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UNIB).sasaran dalam kegiatan ini 21 Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Lokasi Baru" kata Nola.


Kelapa merupakan salah satu potensi didesa Lokasi Baru, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu (UNIB) memberi pelatihan dan cara pengolahannya dengan praktek langsung kepada masyarakat " pengolahan kelapa ini nantinya menjadi produk unggulan masyarakat desa  Lokasi Baru serta menjadi produk kreatif ibu - ibu PKK sebagai pemasukan daerah, Lokasi Baru jadia ga dilakukan pembangunan untuk desa wisata, jadi dengan adanya produk unggulan dari olhan kelapa sawit ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat ke Lokasi Baru" tambah Nola.


--
Ditambahkannya kondisi saat ini kelapa utama dijual langsung dalam bentuk kelapa utuh dan ada juga produk olahan kelapa oleh industri besar sehingga belum dirasakan oleh petani kelapa. Sebagai alternatif solusi adalah adanya banyak produk dari buah kelapa yaitu Virgin Coconut Oil (VCO) yang memiliki manfaat untuk produk pangan, farmasi dan kosmetik. 

" Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan produk olahan dari daging kelapa yang berupa cairan berwarna jernih, tidak berasa, dengan bau khas kelapa.Manfaat dari Virgin Coconut Oil (VCO) diantaranya adalah peningkatandayatahan tubuh manusia terhadap penyakit serta mempercepat proses penyembuhan. Pemanfaatan VCO dalam pengolahan berbagai produk dapat digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu produk pangan, farmasi dan kosmetik" tambah Nola.(ndo/adv)

Sumber: