Hujan Lebat, Longsor di Tumbuan

 Hujan Lebat, Longsor di Tumbuan

longsor akibat hujan lebat--

 

 

TUMBUAN - Hujan lebat hampir sepanjang hari kemarin (25/08) membuat tanah labil dan berakibat longsor.  Tanah longsor terjadi di Desa TUMBUAN Kecamatan Lubuk Sandi tepatnya di arah perbatasan dengan Desa Rena Panjang atau sekitar 100 dari jembatan ke arah Tais. Tebing setinggi 8 meter sebelah kiri dari Tais menuju arah Sukaraja lonsor menutupi siring jalan.

Material longsor yang terdiri dari tanah, bebatuan dan tunggul kayu besar tidak hanya menutupi siring di pinggur jalan, melainkan juga menutupi sepertiga jalan. Tumpukan material longsor tersebut membuat pengguna jalan dari arah Tais harus agak menengah mengambil lajur dari arah Sukaraja.

Jika tidak mau terperosok dalam material longsor. Material longsor tersebut memang tidak membahayakan, tetapi jika dibiarkan maka tanah itu akan semakin meluber ke jalan dan membuat becek serta licin, dan itu yang akan membahayakan pengendara.

 

Salah satu warga sekitar tepatnya rumah di seberang lonsor Mike (28th) yang merupakan IRT mengatakan, bahwa longsor tersebut terjadi sekitar jam 10.00 WIB Kamis (25/08). "Runtuhnya tebing beserta tunggul kayu besar itu terjadi sekitar pukul 10.00 pagi menjelang siang tadi, beruntung tidak bertepatan dengan orang lewat," katanya.

 

Dilanjutkan ibu dari Mike yang rumahnya bersebelahan dengan kediaman Mike, longsor itu memang tidak seberapa tapi sudah menutupi siring jalan. " longsor itu tidaklah begitu besar, cuma menutupi siring jaln dan sepertiga jalan. Akan tetapi jika dibiarkan maka kami di seberang jalan ini akan mendapat akibatnya karena jika Hujan lebat, maka air yang biasanya lewat siring akan meluber ke jalan dan bisa sampai dan membanjiri rumah kami," imbuhnya.

 

Kemudian sampai sekitar jam 14.00 belum ada pihak yang datang untuk membersihkan material lonsor tersebut. "Sampai sekarang (saat itu sekitar  jam  14.00 saat Radar Seluma ke lokasi) dia mengatakan belum ada yang datang untuk melihat longsor baik pihak desa pak kades dan perangkatnya maupun pihak kecamatan ataupun pihak terkait lainnya. Kami dari tadi berada di sini belum ada pihak yang mengambil gambar ataupun yang lainnya," tutupnya. (mrs)

 

Sumber: