Cegah PMK Sat Binmas Polres Seluma Gencar Gelar FGD

 Cegah PMK Sat Binmas Polres Seluma Gencar Gelar FGD

FGD--

 

 

AIR PERIUKAN - Upaya pencegahan penyebaran akan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Hukum Polres Seluma, terus dilakukan oleh pihak Kepolisian Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Seluma. Dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka 'pencegahan PMK di wilayah Kabupaten Seluma.

Seperti dalam giat FGD yang kembali digelar pada Rabu (24/8), sekitar pukul 09.00 WIB kemarin. FGD dilaksanakan di Aula kantor Desa Lawang Agung, Kecamatan Air Periukan. Kegiatan FGD langsung dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Seluma, Iptu Agus Sulistianto, SH, perangkat Desa Lawang Agung, Bhabinkamtibmas Polsek Sukaraja, masyarakat peternak dan tokoh masyarakat dan karang taruna. Serta menghadiri Narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Bidang Peternakan, Waslani.

"Kegiatan hari ini, kita laksanakan di wilayah Desa Air Periukan, Kecamatan Air Periukan. Kegiatan ini kita lakukan juga untuk memberikan edukasi ke masyarakat, terutama para peternak. Pada saat ini kita sedang mengalami wabah PMK," sampai Kapolres Seluma, AKBP Dharmawan Dwiharyanto, SIK melalui Kasat Binmas, Iptu Agus Sulistianto, SH kepada Radar Seluma.

Dijelaskan Agus, dalam kegiatan FGD tentang PMK ini membahas tentang ciri-ciri hewan ternak yang terkena akan virus. Serta cara penyebaran virus PMK dan juga tatacara penanggulangannya terhadap hewan yang sudah terkena virus maupun pencegahan terhadap hewan ternak yg belum terpapar virus PMK.

 

"Tujuan kegiatan FGD ini adalah untuk memberikan informasi tentang PMK. Sehingga masyarakat mengetahui dan bisa mengantisipasi serta dapat mencegah menyebarnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak berkuku belah atau genap di Kabupaten Seluma," pungkasnya.

Agus juga menambahkan, jika kegiatan FGD ini akan dilakukan berkelanjutan. Dengan akan menjangkau ke daerah-daerah. Sehingga nantinya masyarakat yang berada di daerah-daerah nantinya mengetahui dan setidaknya bisa mencegah akan penyebaran PMK. Agar nantinya wabah PMK ini tidak merebak di Kabupaten Seluma. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan tanya jawab oleh para tamu undangan. Di dalam pencegahan akan penyakit PMK.

"Sehingga para peternak bisa mengetahui pencegahan maupun apa yang harus dilakukan apabila hewan ternak mereka terjangkit penyakit PMK," pungkasnya.(ctr)

 

Sumber: