16 Wisata Seluma Paling Top yang Wajib Anda Kunjungi

16 Wisata Seluma Paling Top yang Wajib Anda Kunjungi

--

 

Butuh liburan yang menantang dan menyatu dengan alam. Datang saja ke Kabupaten Seluma. Wisata di Kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu Pulau Sumatera ini, memiliki wisata yang sangat menarik dan unik. Wisata yang didambakan oleh para pecinta alam dan petualang.

Mulai dari air terjun, sungai, batu alam, bukit, goad an air panas ada di kabupaten Seluma.

Kabupaten Seluma juga, tidak terlalu jauh dari Kota Bengkulu. Hanya skeitar 55 Km dari bandara Fatmawati Soekarno. Dengan ibu kotanya Tais dan iconya tugu bujang gadis.

 

Berikut kami sampaikan tempat wisata yang layak anda kunjungi di Kabupaten Seluma.

 

1.  Taman Buru Nasional ‘Semidang Bukit Kabu

 
--

Teman Buru Semidang Bukit Kabu. Bagi pecinta alam dan suka petualangan melihat flora dan fauna. Kawasan ini mempunyai luas sekitar 15.300 Ha, dan masih termasuk kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Bagi pelancong yang ingin mencoba menikmati suasana pariwisata dengan konsep menyatu dengan alam Anda bisa mencobanya di sini. Di dalam kawasan Taman Buru masih banyak sekali hewan yang dilindungi seperti rusa, menjangan, harimau sumatera, burung- burung langka, dan masih banyak lagi hewan langka lainnya.

Namun untuk masuk ke kawasan ini, disarankan membawa pemandu.

Arang Sapat, Kec. Lubuk Sandi, Kab. Seluma.

 

 

2. Goa di Lubuk Resam

 
Goa Lubuk Resam--

 

Bagi yang suka berkemah. Goa Lubuk resam, jawabannya. Menyusuri goa Lubuk resam. Mulai dari awal masuk, menikmati jalannya yang melewati persawahan dan sungai.

Goa ini di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara yang memiliki potensi wisata yang bagus untuk dijadikan wisata alam.

Goa ini sangat besar dan cocok dijadikan wisata alam seperti susur goa atau camping. Udara sejak dan kawasan yang masih hutan, membuat sausana menjadi nyaman. 

Lubuk Resam Seluma Utara, Kab Seluma

 

 

3. Pantai Muara Ngalam


--

Sejenak menepi dari hingar bingar perkotaan. Sepertinya Pantai Muara Ngalam adalah pilihan yang tepat. Pantai dengan ketenangan dan pasir putih yang membentang akan membuat pikiranmu sejenak beristirahat dan menikmati suasana pantai Muara Ngalam yang menenangkan. Pantai ini juga landau serta memiliki ombak yang tidak begitu besar, jadi Anda bisa sedikit bermain-main di bibir pantai.

 

Pantai Muara Ngalam terletak di Kecamatan Air Periukan desa Ngalam, setidaknya Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 11 km dari jalur lintas Bengkulu – Tais untuk bisa sampai ke pantai cantik ini.

Lokasi: Pasar Ngalam, Kec. Air Periukan, Kab. Seluma.

 

 

4. Pantai Ketapang Baru

 

Ingin dapat foto- foto kece dan keren yang bisa Anda pajang di media sosialmu, cobalah untuk berkunjung ke Pantai Ketapang Baru. Pantai ini memang memiliki bentangan pasir putih pantai yang sangat luas, sehingga membuatmu matamu adem sekali. berfoto di sini rasanya Anda sedang berfoto di pulau pribadimu. Pantai ini memang cenderung sepi karena letaknya yang lumayan jauh.

 Namun pantai Ketapang Baru ini juga kerap dijadikan pilihan utama bagi para wisatawan yang lewat jalan lintas barat Sumatera, untuk Anda yang lewat jalur ini bisa mampir dan bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali. 

Lokasi: Desa Ketapang Baru, Kec. Semidang Alas Mara, Kab. Seluma.

 

5. Pantai Muara Kungkai

 

Pantai yang terletak di Kecamatan Air Periukan, desa Kungkai ini harus menjadi list wajib liburanmu di Seluma. Sebab pantai Muara Kungkai memang memiliki pesona yang luar biasa indah, sejauh mata memandang Anda akan disajikan pemandangan pantai pasir putih yang menyejukkan mata. Dijamin akan enggan pulang kalau sudah datang ke pantai ini. Untuk bisa sampai ke sini Anda memerlukan waktu satu sampai 2 jam dari ibu kota Seluma.

Jangan takut tersesat, tanya saja pada warga setempat, masyarakat di sekitar pantai Muara Kungkai terkenal ramah tamah dan tidak segan mengantarmu sampai tujuan atau memberikan bantuan lainnya untuk wisatawan.

Lokasi: Kungkai Baru, Kec. Air Periukan, Kab. Seluma.

 

 

6. Bendungan Seluma

 


bendungan seluma--

Bendungan Seluma, objek wisata yang dekat dan mudah dijangkau. Dari namanya mungkin banyak orang yang menganggapnya hanyalah sebuah bendungan biasa saja, namun jangan salah sangka. Bendungan Seluma merupakan sebuah bendungan besar yang dibangun untuk mengairi persawahan penduduk yang ada di sepanjang aliran sungai Seluma. Bendungan seluma terletak dekat dengan pusat kota Tais. Biasanya pada bulan ramadhan, menjadi lokasi paling rame untk ngabuburit.

 

Lokasi: Lubuk Kebur, Kec. Seluma, Kab. Seluma.

 

 

7. Sungai Seluma

Sungai Seluma bisa untuk mencoba wahana arung jeram dengan kapal karet bersama teman-teman atau keluarga. Arung jera di sungai Seluma cukup menantang dengan batu-batu besar yang ada di sepanjang aliran sungai, serta arus sungai yang lumayan deras menjadi daya tarik utama bagi masyarakat lokal maupun luar Bengkulu.

Lokasi: Sungai Petai, Kec. Talo Kecil, Kab. Seluma.

 

 

8. Pantai Muara Maras

 

Wilayah Seluma juga memiliki banyak peson pantai. Ada wisata pantai Muara Maras yang photogenic sekali. Pantai ini juga sering dijadikan peristirahatan bagi wisatawan yang melewati jalur lintas barat Sumatra. Pantai satu ini memiliki pasir pantai yang cenderung berwarna coklat. Sangat pas untuk Anda yang sedang bosan dengan wisata pantai pasir putih.


Pantai Maras Seluma--

Wisata Pantai Muara Maras berada di wilayah paling Selatan kabupaten Seluma. Tak sulit untuk bisa sampai ke tempat satu ini.

 

Lokasi: Desa Muara Maras, Kec, Semidang Alas Maras, Kab. Seluma.

 

 

9. Air Terjun Air Melancar


Air terjun melancar--

Air terjun air melancar, siap memberikanmu kesegaran tak terhingga. Setelah lelah seharian keliling Seluma, anda bisa menepi sejenak ke air terjun satu ini. Jarak air terjun hanya 50 km dari pusat kota Seluma, jika Anda beruntung datang saat debit air sedang baik Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang mempesona sekali. Saat sampai di tempat Anda tak akan kuasa membendung hasrat untuk berenang di kolam bawah air terjun tersebut. 

Lokasi: Desa Air Melancar, Kec. Semidang Alas, Kab. Seluma.

 

 

10. Suban Lubuk Resam

 

Memang untuk Seluma Utara tepatnya di Lubuk Resam, banyak terdapat wisata. Salah satunya, Suban Lubuk Desa Resam. Di sini Anda bisa mandi di pemandian air panas. Uniknya pemandian ini bukanlah berupa kolam atau tempat yang dibuat khusus untuk pemandian bersama, melainkan adalah sebuah aliran air sungai yang ada di tengah- tengah sawah penduduk setempat.


Kolam air panas yang dibangun warga dekat sungai--

Dengan bermandi air panas, maka bisa memulihkan kesegaran. Saat ini bahkan sudah ada kolam air panas di lokasi ini yang dibuat oleh desa.

 

 

11. Cagar Budaya Padang Periangan

  

Sekali-kali bolehlah berwisata budaya dan sejarah, salah satunya bisa Anda temui di cagar budaya Padang Pariangan. Situs ini terletak di Desa Selinsingan Seluma Utara. Jaraknya memang agak jauh dari ibukota Seluma, yakni sekitar kurang lebih 10 km.


Cagar budaya periangan --

Dalam cagar budaya terdapat makam yang dianggap keramat dan sakral oleh masyarakat setempat. Tetap jaga sopan satun selama berada di cagar budaya.

Lokasi: Desa Selinsingan, Kec. Seluma Utara, Kab. Seluma.

 

 

12. Air Terjun Batu Bekinyau

 

Disebut Air Terjun Batu Bekinyau (berkilauan). Salah satu objek wisata yang wajib Anda datangi saat ke Seluma adalah air terjun batu bekinyau atau batu berkilau. Saat terkena sinar matahari air terjun ini memang akan memantulkan cahaya dan terlihat berkilauan.


--

Ketinggian air terjun ini memang tidak seberapa, namun deras airnya cukup untuk membuat kita puas dan merasa segar kembali. Untuk sampai ke sini Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam saja dari kota Bengkulu.

Lokasi: Desa Sengkuang Jaya, Kec. Seluma Barat, Kab. Seluma.

 

 

13. Air Terjun Lubuk Resam

 

Jika sudah selesai lelah menyusuri wisata di Lubuk resam, seperti goa- goa yang ada di desa Resam. Maka bisa mampir sebentar ke air terjun Lubuk Resam. Air terjun satu ini memiliki pesona yang luar biasa indah dan sayang sekali untuk dilewatkan.

 
--

Air terjun ini memiliki lima aliran air terjun namun saat kemarau hanya dua saja yang masih mengalirkan airnya. Jika ke sini Anda wajib mandi di kolam bawahnya, menyesal jika kesempatan ini dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Lubuk Resam, Ke. Seluma Utara, Kab. Seluma.

 

14. Ar Terjun Gentar

 Obyek wisata Air terjun Gentar, masih terpendam dan belum diketahui banyak orang. Terletak di Desa Kuti Agung Kecamatan Sukaraja. Lokasinya berada di blok B yang berjarak sekitar 3 Km dari SMPN 41 melewati jalan berkoral dan sebagian masih tanah. Objek ini berada ditengah lahan H.Tedi yang merupakan warga setempat.


Air terjun gentar--

Air terjun gentar alam ini ada beberapa tingkat, tingkat teratas ketinggiannya sekitar 1 meter, sedang tingkat terbawah ketinggian air terjunnya sekitar 8 meter. Kolam air terjunnya yang dijadikan tempat mandi dan spot foto dengan panjang sekitar 45 meter dan lebar sekitr 25 meter.

Pemandangan dari lokasi terdekat obyek wisata adalah pemandangan laut kawasan pulau bai dan sekitarnya, serta sebagian wilayah Kota Bengkulu khususnya kecamatan Selebar dan Kampung Melayu.

Lokasi Kuti Agung Sukaraja Kab Seluma

 

 

15. Batu Balai

 

 
batu balai--

 Cagar budaya di Desa Batu Balai Kecamatan Talo Kecil. Batu Balai ini juga merupakan asal usul desa setempat, merupakan peninggalan leluhur nenek moyang. Batu Balai sangat indah juga berlapis, di bagian lainnya ada aliran air sangat bersih dan dingin. Batu Balai ini masih alami.

Pemandangan luar biasa. Tidak kalah dengan cagar budaya di daerah lainnya.

Cagar Budaya Butu Balai ini tidak jauh dari pemukiman warga, hanya 15 menit jarak dari desa. Pengunjung akan mendapatkan batu -batu unik. Batu batu itu juga, sudah ada yang seperti meja seperti atap rumah, lokasi tersebut cukup luas dan memiliki keunikan.

Lokasi : Desa Batu Balai Talo Kecil Kab Seluma

 

16 Pemandian Wisata Napal Jungur

 Objek Wisata Pemandian Cughup Tiga yang terletak di Desa Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma merupakan wisata pemandian keluarga. Ini bisa menjadi pilihan bagi para keluarga yang ingin berlibur dan mengisi waktu akhir pekan.

 

Desa Wisata Napal Jungur ini tak hanya menawarkan wisata air saja, namun para pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas dari Desa setempat. Pertama tentunya para pengunjung kita suguhkan nuansa yang alami khas desa dan hutan yang alami, air yang jernih.


Napal Jungur--

Pengunjung bisa menikmati paket wisata lain seperti, pemandian keluarga, Trekheking air terjun Cughup tiga, Camping Ground, dan tentu kuliner khas andalan desa wisata Napal Jungur.

 Setiap akhir pekan , objek wisata pemandian ini selalu di padati pengunjung dari berbagai daerah di provinsi Bengkulu. Pada umumnya pengunjung yang datang membawa keluarga namun tak sedikit juga pasangan muda-mudi yang berkunjung.

Lokasi Desa Napal Jungur Lubuk Sandi

 

Sumber: