Sudah 25%, Verifikasi parpol di Seluma

Sudah 25%, Verifikasi parpol di Seluma

KPU Seluma--

 

PEMATANG AUR - Saat ini proses verifikasi administrasi terhadap 24 Partai Politik dengan keanggotaan 10 ribu lebih yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma.

"Dari angka 10 ribu lebih keanggotan Parpol tersebut kita sudah di angka 52 persen. Hal-hal yang banyak kita temukan adalah ganda identik. Yang mana nama sama dan NIK sama di dalam satu partai. Untuk mekanismesnya itu masing-masing verifikator pegang satu Parpol. Kemudian beberapa hasil analisa yang dilakukan tim verifikator ini sudah disampaikan ada temuan ganda internal dalam artian ganda identik, dan juga ada ditemukan potensi ganda. Untuk potensi ganda ada beberapa hal yang kita lakukan, nama bisa sama namun kita akan lihat NIK-nya juga," kata Henri Arianda, SP Komisioner KPU Kabupaten Seluma, kemarin.


Komisioner KPU Seluma--

Terkait dengan hasil verifikasi administrasi akan diturunkan oleh aplikasi Sistem Informasi Politik (Sipol) ke Parpol.

Selanjutnya Parpol nantinya akan menindaklanjuti hasil verifikasi tersebut dan akan ditindaklanjuti ke bawah untuk dilakukan perbaikan.

"Nanti Sipol menyampaikan ke Parpol, kemudian Parpol menurunkan ke bawah untuk menindaklanjutinya. Jadi nanti ada hasil analisis kami terkait dengan ganda dan juga belum memenuhi syarat ini Parpol yang akan menindaklanjutinya. Nanti Parpol yang akan mencukupi persyaratan yang masih kurang," tutupnya.(adt)

 

Sumber: