Wisata Air Terjun di Kuti Agung yang Masih Terpendam

Wisata Air Terjun di Kuti Agung yang Masih Terpendam

wisat air terjun--

 

KUTI AGUNG -Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu Drs. Gusmian Fadil, M.Si beserta rombongan, kemarin berkunjung ke obyek wisata yang masih terpendam di Kabupaten Seluma. Obyek wisata yang masih terpendam dan belum diketahui banyak orang diantaranya air terjun Gentar Alam yang terletak di Desa KUTI AGUNG Kecamatan Sukaraja. Kedatangan komisioner KPID disambut oleh Kades KUTI AGUNG Hj.Apriani dan juga ditemani meninjau lokasi. Letak air terjun Gentar alam ini berada di blok B yang berjarak sekitar 3 KM dari SMPN 41 melewati jalan berkoral dan sebagian masih tanah. Objek ini berada ditengah lahan H.Tedi yang merupakan warga setempat.

Tujuan peninjauan lokasi wisata yang masih terpendam, menurut komisioner KPID ini adalah untuk keperluan peningkatan wisata di Provinsi Bengkulu. "Kami KPID diberi mandat untuk mendirikan radio penunjang wisata desa dan desa wisata. Jika radio wisata nanti sudah siar, maka setiap wisata desa dan desa wisata akan disiarkan secara rutin, agar wisata yang ada di Provinsi Bengkulu dapat dikenal kebih luas di nusantara, obyek obyek wisata desa yang masih terpendam akan didata, dan kami KPID akn mendobrak daya dukung wisata lewat radio penunjang wisata," katanya.

 

Sementara pemilik lahan H.Tedi akan menggelontorkan modal ke wisata gentar alam. "Asalkan ada dukungan dari luar, kita siap memanivestasikan modal ke lokasi sebagai daya dukungnya. air terjun Gentar alam ini ada beberapa tingkat, tingkat teratas ketinggiannya sekitar 1 meter, sedang tingkat terbawah ketinggian air terjunnya sekitar 8 meter. Kolam air terjunnya yang dijadikan tempat mandi dan spot foto dengan panjang sekitar 45 meter dan lebar sekitr 25 meter, jadi bisa menampung banyak orang sekaligus.," jelasnya.

 

Dilanjutkannya, di atas lokasi terdapat dataran tinggi, jika melihat kearah barat maka nampak dari kejauhan lokasi pelabuhan pulau bai dan PLTU dengan luas laut yang membentang. "Pemandangan dari lokasi terdekat obyek wisata adalah pemandangan laut kawasan pulau bai dan sekitarnya, serta sebagian wilayah Kota Bengkulu khususnya kecamatan Selebar dan Kampung Melayu," imbuhnya.

 

Dilain pihak, kades KUTI AGUNG Hj.Apriani akan bekerja sama dengan BUMDes untuk mengelola wisata ini nanti. "Jika lokasi wisata sudah dipoles, dan dioercantik, mka untuk mengelolanya nanti akan bekerja sama dengan BUMDes. Jadi BUMDes ada pendapatan, pemilik lahan juga ada kemasukan, masyarakat sekitr ada pekerjaan," tutupnya. (mrs)

 

Sumber: