2023, 15 Desa di BS Gelar Pilkades

 2023, 15 Desa di BS Gelar Pilkades

 

BENGKULU SELATAN – Direncanakan tahun depan sebanyak 15 desa di Kabupaten BENGKULU SELATAN akan menggelar Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Hal ini, lantaran masa jabatan 15 Kepala desa (Kades) tersebut akan berakhir priodenya tahun 2023. Untuk itu, pihak Dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) BENGKULU SELATAN segera mempersiapkan Pilkades tersebut terutama mengenai usulan anggaran pelaksanaan kegiatan, karena untuk pelaksanaan dirancang bulan Juni 2023 mendatang.

"Pelaksanaan Pilkades sebelum Pemilu tahun 2024. Untuk rancangan awal Pilkades serentak bulan Juni tahun depan,"ungkap Kepala DPMD BS, Herman Sunarya SH.

 

Dikatakan Herman, tahun 2021 lalu Pemkab BS juga telah menggelar Pilkades serentak untuk 127 desa, namu masih tersisa 15 desa lagi dari 142 desa yang ada di BS masih dijabat Kades lama lantaran masa jabatannya baru akan berakhir tahun depan. Berkat suksesnya pelaksanaan Pilkades tahun lalu, maka pihak DPMD BS kini segera merancang persiapan untuk Pilkades 15 desa tahun depan, dengan harapan tidak ada potensi polemik pasca Pilkades nanti. Karena, berkaca dengan Pilkades sebelumnya, masih ada masyarakat yang tidak menerima kekalahan calonnya. Maka dari itu sebelum Pilkades nanti, pihak DPMD BS akan meminta kometmen masyarakat desa agar sama-sama mensukseskan Pilkades.

 

"Untuk persiapan Pilkades masih ada satu tahun lagi, tapi kita berharap jadikan Pilkades ajang demokrasi yang postif tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat,"demikian Herman.(yes)

Sumber: