Hanya 11 Murid, SDN 67 Seluma Terancam Tutup

Hanya 11 Murid, SDN 67 Seluma Terancam Tutup

terancam tutup--

 

RIAK SIABUN - Sungguh sangat miris melihat kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 67 Seluma yang berada di Desa Riak Siabun, Kecamatan Sukaraja.

Walaupun diketahui SDN 67 Seluma merupakan salah satu SD yang tertua. Pada saat ini terancam tutup.

Hal tersebut lantaran, dengan kondisi siswa (Murid) di tahun ajaran 2022 ini. Hanya memiliki 11 orang murid dari kelas I hingga kelas VI.

 

Minimnya jumlah murid di SDN 67 Seluma tersebut menurut informasi yang didapat. Dikarenakan banyak para murid yang pindah dan masuk ke sekolah yang berada di Kota Bengkulu.

Yakni sekolah yang berbatasan dengan Kabupaten Seluma. Salah satunya pindah atau masuk ke SDN 77 Kota Bengkulu yang berada di Kelurahan Padang Serai, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Dari tahun ke tahun, SDN 67 Seluma hanya mendapatkan ataupun menerima murid baru yang masuk kelas 1 sebanyak 1 sampai 2 orang murid. Bahkan, untuk tahun ajaran 2022 ini. SDN 67 Seluma tak ada satu murid pun yang masuk ke SDN 67 Seluma. Sehingga SDN 67 Seluma sama sekali tidak memiliki murid baru.

"Ya beginilah kondisinya, untuk jumlah murid dari kelas 1 sampai kelas VI hanya 11 murid. Untuk jumlah guru ada 6 orang. Yakni 2 orang guru 

guru status PPPK," kata Marteman, SPd salah satu guru SDN 67 Seluma. Dikatakannya jika setiap tahunnya, pihak sekolah pasti membuka untuk penerimaan murid baru.

Sesuai dengan SOP dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Namun pihaknya juga tidak bisa memaksa kepada para calon murid, khusus warga sekitar untuk masuk ke SDN 67 Seluma. "Kekurangan murid, dari tahun kemarin memang kurang. Tiap tahun kami memang diumumkan, untuk penerimaan murid baru. Sesuai dengan prosedur," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, jika pihak sekolah sudah melakukan koordinasi dengan pihak Disdikbud dan UPTD Cabang Disdikbud. Bahkan kepala sekolah pun juga sudah melakukan koordinasi ke SDN 77 Padang Serai.

Agar tidak lagi menerima siswa dari luar daerah. Seperti murid yang berdomisili di daerah Riak Siabun dan sekitarnya. "Kami juga tidak mau bagaimana, kalau terus menerus ya bisa tutup," pungkasnya. Dengan hal tersebut, pihaknya mengharapkan kepada pihak Dinas untuk dapat bersama-sama mencari solusi terbaik. Dengan minimnya murid untuk masuk ke SDN 67 Seluma.(ctr)

Sumber: