Harga Sawit Murah, Tak Sebanding dengan Harga Pupuk

Harga Sawit Murah, Tak Sebanding dengan Harga Pupuk

H. Ratno--

 
RadarSelumaonline, Rimbo Kedui -  Harga pupuk yang mahal, sudah tidak masuk dengan harga tbs sawit. Pupuk yang mahal membuat petani menjerit.
 
H.Ratno salah seorang petani di Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan menuturkan harga sawit sekarang mulai d iangka Rp 1000 /kg, akan tetapi harga tersebut tidak masuk dengan harga pupuk yang melonjak naik.
 
"Sejak kenaikan harga pupuk saya belum memupuk kebun, karena dari pada merugi terlalu dalam saya biarkan saja dulu. Dalam setahun kalau harga pupuk normal saya memupuk setahun bisa 3 kal,i karena 4 bulan sekali dilakukan pemupukan. Kini sejak naiknya pupuk, belum  pernah sama sekali melakukan pemupukan" kata Ratno.
 
Selain itu harga pupuk,  obat-obatan seperti racun rumput dan pestisida lainnya juga mengalami kenaikan.
" Harga pupuk NPK kebumas  sekarang Rp 700 ribu  / karung, 2  bulan lalu masih Rp 600 ribu.
Kcl 900 ribu /karung sebelumnya Rp 800 ribu . Sedangkan jenis pupuk ZA Rp 400 ribu per karung ,sebelumnya Rp 340 ribu/ karung" kata Ratno.
 
Memang kenaikan pupuk dan pestisida serta obat-obatan tidak naik sekaligus melainkan bertahap, sedangkan harga komoditi sawit atau hasil pertanian tidak sebanding dengan harga pupuk, seharusnya ada penyesuaian harga pupuk dan hasil pertanian agar berimbang tidak membuat masyarakat merugi. (ndo)

Sumber: