Sapi di BS Divaksin

Sapi di BS Divaksin

Vaksin Ternak--

 

BENGKULU SELATAN - Pengobatan PMK secara gratis dari pusat kesehatan hewan Kabupaten Bengkulu Selatan kembali dilaksanakan. Kali ini puluhan sapi Sapi Bali di desa Talang Padang kecamatan Pino Raya kabupaten Bengkulu Selatan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 1 Agustus tahun 2022. Sebanyak 8 personel dari pusat kesehatan hewan bekerja sama dengan dinas pertanian Bengkulu Selatan.

 

Kepala Puskeswan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), drh Erwin Afrino menuturkan 30 ternak yang diobati secara massal di desa Talang Padang. Ternak yang diobati merupakan ternak yang mengalami indikasi penyakit mulut dan kuku atau PMK yang sedang merebak saat ini. Selain mendapatkan pengobatan puluhan sapi tersebut diberikan antibiotik serta vitamin. 

 

"Kegiatan ini merupakan permintaan langsung dari masyarakat Desa Talang Padang. Sebab, di wilayah ini sudah banyak ternak yang terjangkit PMK sebelumnya sudah ada pengobatan secara swadaya namun dikarenakan saat itu obat terbatas maka saat ini kami menunjukkan pengobatan massal secara gratis,"ungkap Erwin.

 

Ditambahkan Erwin, pantauan lapangan, puluhan sapi yang terjangkit PMK tersebut masih kategori sedang atau bisa diselamatkan, karena ternak tersebut masih memiliki imunitas tubuh yang kuat serta masih bisa beraktivitas normal. 

 

"Untuk ternak ini masih menunjukkan gejala awal PMK berupa adanya busa di mulut kemudian adanya luka sedikit di kuku namun demikian kami yakin ternak ini masih bisa disembuhkan dan pulih sedia kala,"pungkas  Erwin.

 

Setelah diberikan obat dan disuntik pihak puskeswan kabupaten lanjut memberihkan pembinaan kepada para peternak di desa Talang Padang. Tim puskeswan meminta ternak yang sudah terjangkit PMK agar diisolasi terlebih dahulu minimal 14 hari atau setelah masa inkubasi virus PMK selesai. 

 

"Sebaiknya ternak ini harus diisolasi terlebih dahulu tujuannya agar tidak menjangkit ke ternak-ternak yang lain, dan mudah-mudahan setelah diobati diberi antibiotik ini ternak kembali pulih,"demikian Erwin.(yes)

Sumber: