Kodim 0408 BS/Kaur Tanam Jagung 36

 Kodim 0408 BS/Kaur Tanam Jagung 36

Dandim BS-KAUR Tanam jagung--

BENGKULU SELATAN - Kodim 0408 Bengkulu Selatan/Kaur tanam jagung pakan dengan luas mencapai 36 Hektar (H). Penanaman jagung ini dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di dua kabupaten. Nantinya, dari hasil panen jagung tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk diolah berbagai jenis bahan pangan.

Komandan Kodim (Dandim) 0408 BSK Letkol Inf Aswin Suladi, SE, M.AK menuturkan, pemanfaatan lahan tidur untuk dilakukan penanaman jagung ini sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM. Dimana, saat ini Indonesia mengalami krisis pangan akibat perang Rusia dan Ukraina. Akibatnya, secara nasional proses ekspor dari negara tersebut terhenti ke Indonesia. Untuk itu, seluruh jajaran TNI AD diminta untuk mengantisifasi ketahan pangan disetiap daerahnya.

"Ya, krisis pangan terjadi di beberapa negara saat ini, Indonesia masih beruntung berada diposisi daerah dengan agraris yang mempunyai cukup lahan untuk dimanfaatkan. Tentunya, untuk menunjang ketahanan pangan bagi masyarakat, dilakukan penanaman jagung dilakukan didua lokasi yaitu, di Kabupaten BS dengan luas 16 H dan di Kaur dengan luas 20 H,"ungkap Dandim.

Dalam program tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) BS untuk mendapatkan bibit unggul. Sehingga, panennya nanti bisa mendapatkan hasil yang melimpah. Dandim menegaskan, bukti keseriusan Kodim 0408 BSK dalam menjaga kesetabilan pangan di BS dan Kaur ini, penanaman jagung ini tidak asal tanam seperti melepaskan kewajiban saja.

"Sebelum dilakukan penanaman, lahan tersebut terlebih dahulu ditaburi dengan pupuk kandang sebanyak 600 karung. Serta untuk menurunkan zat asam tanah, juga diberikan pupuk dolomit sebanyak satu ton. Hasil dari panen jagung ini nanti akan di bagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Bukan untuk di jual untuk bisnis,"pungkas Dandim.(yes)

Sumber: