Bandungan Selepah Rusak, Dihantam Banjir

Bandungan Selepah Rusak, Dihantam Banjir

Sekda BS dan Camat Seginim saat memantau Bendungan Selepah yang rusak dihantam banjir--

BENGKULU SELATAN - Bendungan selepah berada di Desa Babatan Ulu, Seginim tidak berfungsi lagi. Hal itu karena dihantam banjir. Akibatnya material menimbun bagian hulu bendungan. Sehingga air tidak bisa masuk lagi ke saluran irigasi Selepah. "Ya, bendungan selepah sudah sejak dua hari lalu rusak,"ungkap Camat Seginim, Mardalena S.Pd.MM  saat mendampingi Sekda BS, Sukarni Dunip SP.M.Si  saat meninjau langsung bendungan Selepah, Selasa (5/7/2022).
Dikatakan Mardalena, pihaknya mendapat laporan dari warga jika saat ini bendungan tidak lagi berfungsi mengairi sawah petani. Hal itu menyebabkan sawah petani kekurangan air. Mengingat warga sangat mengharapkan bendungan selepah berfungsi normal, agar sawah petani bisa digarap maksimal. Sehingga setelah menerima keluhan warga, dirinya melaporkannya langsung ke Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE.MM. Setelah itu, Selasa pagi, Sekda BS turun langsung mengecek bendung Selpah rusak. "Bersama pak Sekda memantau ke lapangan, dan berharap dalam waktu dekat segera diperbaiki bendungan yang rusak tersebut, sebab warga sangat membutuhkan air untuk mengairi sawah mereka,"pesan Camat Mardalena.
Mardalena mengaku, keberadaan bendungan selepah sangat penting. Sebab ribuan hektar sawah di Kecamatan Seginim mengandalkan bendungan Selepah untuk mengairi sawah mereka. Sehingga ketika rusak, air tidak bisa mengaliri saluran irigasi dan akibatnya sawah kekurangan air. "Tidak segera diperbaiki, sawah warga Seginim terancam tidak bisa digarap,"ucap Mardalena.
Sementara itu, Sekda BS, Sukarni Dunip SP. MSi perihatin rusaknya bendungan Selpah dan  meminta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) BS untuk turun ke lapangan dan segera memperbaikinya. Sehingga air bisa segera mengalir kembali secara normal ke sawah petani. "Saya minta dinas PUPR untuk segera memperbaiki bendung Selpah rusak akibat hujan deras ini, agar irigasi normal kembali,"pungkas Sekda.(yes)

 

Sumber: