Awal Juni 79 JCH Siap Berangkat

Awal Juni 79 JCH Siap Berangkat

PEMATANG AUR - Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seluma H Heriansyah, S.Ag, MH menyapaikan dari 79 calon jamaah haji asal Kabupaten Seluma, ada satu orang jamaah yang mengundurkan diri untuk keberangkatan pada bulan Juni mendatang. Dalam hal ini Kemenag sudah mengganti dengan jamaah cadang yang sudah disiapkan sebanyak sepuluh orang untuk menggantikan apabila ada jamaah yang mengundurkan diri. Selain satu orang tersebut. Disampaikannya lagi ada dua jamaah lagi yang saat ini masih menunggu rekomendasi dari dokter untuk berangkat haji.
\"Sesuai dengan pembagian kuota maka kuota kita sebanyak 79 orang. Untuk keberangkatan nasional itu pada tanggal 3 Juni. Dari 79 orang itu ada satu orang yang mengundurkan diri. Kemudian ada dua orang lagi sedang musyawarah keluarga. Dua orang ini belum vaksin karena dia memiliki penyakit penyerta. Kemudian juga baru selsesai menjalani operasi. Selain lagi musyawarah keluarga, dua orang ini juga menunggu petunjuk dari dokter apakah bisa berangkat haji atau tidak. Untuk satu orang yang sudah pasti yang batal berangkat haji alasannya adalah dikarenakan tidak serentak berangkat dengan istrinya. Karena istrinya baru berangkat pada tahun 2023 nanti,\" kata Heriansyah, kemarin (10/5).
Untuk pelunasan biaya haji disampaikan oleh Heriansyah hanya satu orang jamaah lagi yang belum melakukan pelunasan. Sisanya atau 78 orang sudah melunasi biaya berangkat haji. \"Biayanya itu Rp37 juta. Sudah stor pertama Rp25 juta. Sehingga masih ada sisa pelunasan Rp12 juta lagi. Untuk saat ini ada satu orang lagi yang belum lunas. Batas waktu pelunasan itu pada tanggal 20 bulan ini. Penyebabnya dulu belum bisa berangkat, jadi uang pendaftaraan haji dapat ditarik dulu. Ada satu orang jamaah yang menarik, dan otomatis dia kembali harus melakukan pembayaran ketika hendak berangkat. Kalau yang lain tidak ada penarikan lagi,\" sambungnya.
Sebelum berangkat haji jamaah nantinya akan dilepas oleh Bupati Seluma. Dan diharapkan oleh Heriansyah seluruh jamaah asal Seluma satu kloter. \"Untuk keberangkatan nanti akan dilepas di Kabupaten Seluma oleh bupati. Sedangkan untuk petugas dari Kemenag yang akan ikut berangkat sudah ada calonnya hasil tes pada tahun 2020 lalu. Namun untuk Dinkes masih belum tahu karena itu wewenang dari Dinkes Provinsi Bengkulu. Karena biasanya itu ada dua petugas pendamping satu dari Kemenag dan satu lagi dari Dinkes,\" jelasnya. Untuk keberangkatan jamaah calon haji asal Seluma diperkirakan setelah keberangkatan haji nasional. Biasanya mundur tiga sampai empat hari. Untuk jelasnya keberangkatan masih belum diketahui.(adt)

Sumber: