Harga TBS Sawit di PT AIP Rp 2.230

Harga TBS Sawit di PT AIP Rp 2.230

TUMBUAN - Setelah sempat tutup selama hari raya Idul Fitri, Pabrik CPO PT Agrindo Indah Persada (AIP) yang terletak di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi pada saat ini sudah mulai beroperasi kembali. Pabrik CPO tersebut telah mulai menerima buah sawit tanggal 4 Mei yang lalu. Bahkan jumlah antrian truk angkutan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit pun sudah mulai berdatangan. Namun sayangnya, pabrik CPO tengah mengalami gangguan teknis pada Sabtu (7/5) pagi yang lalu. Sehingga banyak sopir yang memilih menginap. Dari sejumlah sopir truk yang mengangkut TBS mengaku sudah semalam menginap untuk antre agar dapat segera dibongkar muatannya.
\"Dari semalam sudah menginap, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya dari pihak perusahaan,\" kata Ramlen warga Desa Talang Prapat.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Tuta Anggara yang merupakan warga Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi. Dirinya mengaku, jika sudah menginap semalam untuk menunggu antrean bongkar muat.
\"Saya sudah menginap semalam mas, ada kerusakan di pabrik. Jadi tambah molor bongkar muatnya,\" sampainya.
Sementara itu, terkait dengan harga  harga TBS di Pabrik CPO PT AIP per 8 Mei 2022 dihargai Rp 2.230 per kilogramnya. Diketahui turun Rp 150 per kilogramnya, berselang sehari semalam. Sementara itu, untuk harga TBS di pabrik CPO PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) per kilogramnya dihargai Rp 1.490.
Harga TBS kelapa sawit diprediksi kembali normal diatas Rp 3.000 satu bulan mendatang. Hal tersebut lantaran harga TBS ditingkat petani saat ini banyak para toke yang mengalami kerugian sewaktu menjelang lebaran, akibat harga TBS terjun bebas.(ctr)
 

Sumber: