Final Pilkades Kec Sukaraja Diikuti 8 Calon

Final Pilkades Kec Sukaraja Diikuti 8 Calon

KAYU ARANG - Panitia pemilihan kades di Kecamatan Sukaraja telah menetapkan calonnya masing masing. Setelah menempuh rangkaian panjang, panitia yang diketuai Sekdes masing masing, berhasil menjaring dan juga telah ditetapkan nama yang lolos dalam seleksi. Kemudian nama tersebut jug telah dilaporkan ke kecamatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD)
Empat desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini semuanya diikuti incumbent atau mantan Kades, baik mantan Kades periode belakang maupun periode terdahulu. Data yang diperoleh empat desa tersebut diikuti 5 orang mantan Kades, dua diantaranya pertarungan kedua atau derbi, namun keempat desa itu calon kadesnya hanya masing masing 2 orang.

Dari pemilihan Kades ke empat desa di kecamatan Sukaraja ini disamping seluruh mantan Kades periode belakang ikut bertarung kembali, ditambah dengan mantan Kades periode terdahulu. Menariknya, Pilkades Air Petai perupakan derbi atau pertarungan kedua bagi kedua mantan Kades. Pemilihan Kades tahun 2015 diikuti keduanya, saat itu Made Sumirta merupakan incumbent, tapi kalah dengan penantangnya yaitu Made Rayana. Dan pada pilkades mendatang Made Rayana berposisi sebagai incumbent, sedang Made Sumirta merupakan penantang dengan predikat mantan kades periode terdahulu.
Camat Sukaraja Drs.Ramlan Efendi melalui Kasi Pemerintahan Baharudin Jaya, ST membenarkan hal tersebut di atas. \"Dari laporan panitia desa bahwa mereka menetapkan masing masing 2 calon. Berarti Pilkades 22 Juni mendatang ini ada 8 orang calon Kades bertarung, empat dianataranya mantan kades periode belakang ( incumbent), dan satu dari periode terdahulu, artinya hanya 3 orang penantang baru,\" ungkapnya.
Dilanjutkannya dari keempat desa tersebut, desa sumber makmur incumbentnya ditantang oleh orang luar desanya. \"Untuk desa Sumber Makmur, incumbent ditantang pendatang baru dari desa yaitu dari desa tawang rejo,\" pungkasnya. (mrs)Keempat desa yang melaksanakan Pilkades 22 Juni mendatang adalah:
1. Desa kuti agung dengan calon 1. H. Apriani (incumbent), 2. Nersi
2. Desa sumber makmur dengan calon 1.Lahri (incumbent), 2 Sumarni (calon dari luar desa)
3. Desa sidosari 1. M.Agus Muslim, 2. Sumardi (incumbent)
4. Desa air petai, 1. Made Rayanto( mantan kades periode belakang, 2. Made Sumirta (mantan kades perode terdahulu).

Sumber: