Puluhan Sapi di Penago I Mati Diduga Jembrana

Puluhan Sapi di Penago I Mati Diduga Jembrana

ILIR TALO - Puluhan ternak sapi milik warga Desa Penago I Kecamatan Ilir Talo mendadak mati. Diduga diserang virus jembrana. Sekdes Penago I Exnasius Siswanto dikonfirmasi Kamis (24/2) membenarkan bahwa puluhan ternak sapi milik warga mati mendadak diduga akibat diserang penyakit Jambrana. Menurutnya, sebelumnya virus jambrana ini menyerang sapi milik warga Desa Margo Sari dan Desa Pasar Talo, setelah itu penyakit Jambrana menular ke sapi wargs Desa Penago I sehingga banyak ternak sapi yang mati mendadak.

\"Ada sekitar 80 ekor sapi milik warga Penago I mati mendadak. Kami sudah melaporkan ini ke petugas dari dinas pertanian,\" kata Sekdes.

Dengan penyakit jambrana ini kata dia, warga sangat mengalami kerugian yang sangat besar. Karena dari 80 ekor sapi jika dihargai Rp7 juta warga sudah mengalami kerugian mencapai Rp 560 juta.

\"Dokter hewan sudah datang untuk melakukan suntik vaksin hewan ternak sapi, namun upaya tersebut tidak berhasil, meski sudah suntik oleh dokter hewan namun sapi tatap banyak yang mati,\"ungkapnya.

Masyarakat berharap petugas peternakan dari dinas pertanian untuk melakukan langkah-langkah agar penularan dapat diputus dan tidak ada lagi sapi yang mati mendadak. (apr)

Sumber: