60 Rumah Warga Selingsingan Terdampak Banjir

60 Rumah Warga Selingsingan Terdampak Banjir

SELINGSINGAN - Selain mengakibatkan longsor, hujan yang mengguyuri wilayah Desa Selingsingan Kecamatan Seluma Utara pada Jumat (4/2) sore. Juga mengakibatkan musibah bencana banjir yang merendam puluhan rumah warga. Akibat jebolnya tanggul dan gorong-gorong yang mengakibatkan air sungai mengalir ke rumah penduduk.

Dari data yang terhimpun setidaknya ada sebanyak kurang lebih 60 rumah warga Desa Selingsingan yang terendam banjir. Akibat luapan air yang menjebolkan tanggul dan melongsorkan akses badan jalan. Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga merendam lahan persawahan milik warga.

\"Ada 60 rumah yang terdampak banjir, dengan ketinggian kurang lebih 50 cm,\" kata Camat Seluma Utara, Fran Hardi, saat dikonfirmasi Radar Seluma.

Menurut keterangannya, musibah bencana banjir tersebut terjadi saat hujan mengguyuri wilayah Desa Selingsingan. Kondisi hujan deras mengakibatkan air sungai menjadi meluap dan mengikis dinding gorong-gorong hingga menjebolkan gorong-gorong dan longsornya akses jalan. Lantaran jebolnya gorong-gorong tersebut mengakibatkan air mengalir ke rumah penduduk hingga mencapai kurang lebih 50 cm atau selutut orang dewasa.

\"Sekitar pukul 15.30 air mulai meluap dan mulai masuk ke pemukiman warga,\" ujarnya.

Akibat musibah banjir tersebut membuat sebagian rumah warga terendam banjir. Bahkan beberapa barang-barang berharga milik warga ikut terendam banjir. Seperti, hasil bumi padi dan kopi milik warga hanyut. Barang-barang elekronik, motor, perabotan rumah warga terendam banjir. Bahkan uang tunai Rp 4 juta milik warga juga ikut terendam banjir.

\"Untuk saat ini, kondisi air sudah mulai menyurut. Kita masih melakukan evakuasi terhadap para korban,\" terangnya.

Terkait dengan korban jiwa pasca musibah bencana banjir. Pada saat ini tak ada korban jiwa pasca musibah bencana banjir yang menimpa warga Desa Selingsingan. Hanya saja kerugian material yang dialami oleh warga karena barang-barang berharga milik warga ikut terendam banjir.(ctr)

Sumber: