Lubuk Ipuh, jadi Destinisasi Wisata

Lubuk Ipuh, jadi Destinisasi Wisata


BENGKULU SELATAN - Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu terus berusaha menciptakan wisata Lubuk Ipuh menjadi Industri wisata yang bermanfaat bagi masyarakat. Yang tak lain adalah untuk meningkatkan perekonomian warga.
\"Nantinya akan memberikan pembekalan kepada Sumber daya manusia yang ada untuk bisa memnfaatkan wisata Lubuk Ipuh sebagai wadah untuk peningkatan perekonomian masyarakat, seperti menyajikan berbagai macam kuniler yang bisa dinikmati oleh para pengunjung,\"ungkap Pjs Kepala Desa Lubuk Sirih Ulu Adang Sutrisno,SE kepada awak media, kemarin (18/12/2020).
Selain itu, pemdes Lubuk Sirih Ulu juga akan melakukan koordinasi kepada Dinas Pariwisata yang ada di Bengkulu Selatan, serta menyiapakan SDM yang paham tata cara mengelola tempat pariwisata, sehingga para wisatawan bisa merasa aman, nyaman dan betah serta mempunyai keinginan untuk kembali lagi.
\"Meskipun nanti dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai PJS Kepala Desa karena statusnya PNS. Tetapi mengharapakan apa yang sudah dibangun nantinya bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat sekitar,\"pungkas Adang sapaan akrab.
Sebelumnya pemerintah desa (pemdes) sudah merencanakan untuk memperindah wisata Lubuk Ipuh, karena adanya pandemi Covid - 19 hal ini menjadikan program tertunda, terlebih sudah dibangunnya Gazebo bagi pengunjung yang datang untuk bersantai, bahkan tahun depan akan melakukan pemagaran makam agar lebih enak dipandang dan terawat.
Sementara itu, Camat Manna Turman, SE mengatakan pembangunan tempat wisata yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu dari tahun 2018 baik itu pembuatan Gazebo, WC umum dan pembuatan jalan. Setidaknya Pemerintah Kabupaten bisa memperkenalkan wisata ini di Provinsi Bengkulu, baik dari Bengkulu Selatan bahkan dari Kabupaten lain bisa berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya, nantinya mampu meningkatkan Perekonomian masyarakat.
Turman menambahkan ada peninggalan sejarah di Wisata Lubuk Ipuh, yakni ada kuburan Puyang Ipuh yang diatas makamnya terdapat sebuah meriam, konon cerita bagi siapa yang mampu mengangkat meriam tersebut dia merupakan keturunan dari puyang Ipuh.

\"Ya, wisata Lubuk Ipuh ini bisa dikolaborasikan dengan sungai yang ada di dekatnya dengan membuat tempat bersantai dan tempat mandi, sehingga suasana alam yang ada disana bisa dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung. Apalagi disana banyak perkebunan warga, seperti perkebunanan jagung, cabe, timun dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga dengan mengajak para wisatwan untuk langsung memetik hasil kebun yang ada disana dan pada akhirnya mendapatkan penghasilan para petani,\"demikian Turman.(yes)

Sumber: