Gusnan Inginkan Wisata BS Jadi Industri Wisata

Gusnan Inginkan Wisata BS Jadi Industri Wisata


BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE.MM menuturkan, untuk memajukan pariwisata yang ada di Bengkulu Selatan jangan pernah lagi berbicara tentang menciptakan destinasi wisata namun harus berbicara tentang perubahan untuk menjadi industri pariwisata untuk kemajuan kedepan.
\"Saat ini perlu kita lakukan gimana cara meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) dan jangan pernah lagi berbicara tentang event dan sebagainya, karena mereka merupakan pelaku industri dalam pariwisata yang bisa meningkatkan pariwisata dengan konsep Sapta Pesona,\"ungkap Bupati Kamis (17/12/2020).
Untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesuatu daerah wisata, maka daerah yang dituju aman, tertib, bersih, sejuk, indah, rama. Salah satu upaya yang harus dilaksanakan yakni merobah pola lama.

\"Adanya industri wisata berarti Bengkulu Selatan siap himpun berbagai bidang usaha yang menghasilkan berbagai jenis jasa dan barang yang dibutuhkan para wisatawan yang berkunjung. Setelah mampu menjadikan SDM yang mengerti Sapta Pesona sebagai pelaku industri wisata, maka dilanjutkan dengan SDM pelaku usaha, dimana di tempat wisata tersebut ada fasilitas pendukung, ada supir, ada pelayan restoran, dan pelayan hotel yang bisa didukung dengan sektor perdagangan,\"ucap Gusnan.
Selain itu, yang lebih harus diperhatikan yaitu dari sektor transportasi, akomodasi, tempat jajanan yang disajikan dari destinasi wisata baik itu destinasi wisata buatan, alami, budaya dan event yang biasa dilakukan. Setelah itu dilakukan baru Pemerintah akan menggabungkan semua menjadi sebuah paket wisata.
Gusnan mengakui di Bengkulu Selatan masih sempit berpikirnya dalam pengembangan wisata, hanya berbicara pembangunan dan pembangunan. Tolak ukur ataupun indikator kemajuan suatu pariwisata bisa kita lihat berapa banyak yang berkunjung dan lama berkunjung baik tingkat wisata domestik maupun internasional.
\"Seharusnya Dinas Pariwisata harus melakukan pelatihan terhadap pelaku wisata agar mengerti konsep pariwisata secara utuh. Pariwisata harus bekerjasama dengan berbagi istansi untuk mewujudkan itu semua, seperti contoh Dinas PUPR dengan membuat infrastruktur dengan konsep wisata,\"pungkas Gusnan.(yes)

Sumber: