2021, Anggaran DD Turun

2021, Anggaran DD Turun


BENGKULU SELATAN – Besaran anggaran untuk Dana Desa (DD) mengalami penurunan sebesar 0,98 persen atau berkurang sekitar Rp1,6 miliar dari tahun 2020 ini. Untuk diketahui, total anggaran DD yang akan dikucurkan Kemenkeu RI untuk Bengkulu Selatan tahun 2021 sebesar Rp110,9 miliar untuk 142 desa. Dengan adanya penurunan alokasi anggaran ini secara global maka bedampak dengan besaran anggaran setiap desa.
DPMD BS mengingatkan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk segera mempersiapkan musyawarah desa (Musdes) guna menyusun RAPBDes tahun depan dengan mempersiapkan program prioritas.

“Adanya penurunan anggaran DD tentu Pemdes diharapkan memperhatikan prioritas penggunaan anggaran, disamping tetap mempedomani ketentuan penggunaan dana yang ditetapkan pemerintah, seperti penanganan Covid-19 di desa dan program padat karya tunai tetap menjadi prioritas utama mengedepankan peningkatan perekonomian desa,”kata Kepala DPMD BS Hamdan Syarbaini, S.Sos kepada awak media, kemarin(14/12/2020).
Dikatakan Hamdan, untuk besaran alokasi masing-masing desa masih akan disusun karena akan ditetapkan dengan Perbup. Namun, sampai saat ini pihak DPMD BS masih menunggu Praturan Menteri Keuangan (PMK) terkait penggunaan alokasi anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun 2021 sebagai dasar untuk penyusunan revisi Peraturan Bupati (Perbup) pengelolaan DD dan ADD.
“Rincian secara umum sudah disusun namun belum ditetapkan dalam Perbup, karena masih menunggui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai dasar acuan pembuatan Perbup, kami targetkan Perbup segera tuntas karena akan menjadi dasar pedoman Pemdes untuk melakukan penyusunan RAPBDes,”tandas Hamdan.(yes)

Sumber: