Disperindag Imbau Penggunaan Elpiji Sesuai Peruntukan

Disperindag Imbau Penggunaan Elpiji Sesuai Peruntukan

 

PEMATANG AUR - Guna menghindari terjadinya kelangkaan gas Elpiji 3 Kg atau gas melon, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Seluma telah berkoordinasi dengan Pertamina Bengkulu. Dengan meminta tambahan pasokan gas elpiji di Kabupaten Seluma pada tahun 2021 mendatang. Juga akan mengawasi dan mengawal distribusi atau penyaluran tabung gas elpiji tersebut agar tepat sasaran. Mengingat ada larangan dalam penggunaannya apabila tidak sesuai peruntukan.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Seluma, H. Mulyadi S.Sos, M.Si mengatakan bahwa, saat ini kelangkaan gas yang sempat terjadi beberapa waktu lalu sudah teratasi. Hal ini setelah adanya pengawasan dan koordinasi pihaknya bersama distributor. Dimana kelangkaan itu terjadi bukan karena adanya permainan dari oknum namun karena adanya penggunaan berlebihan. Maka dari itu, untuk mengatasi kelangkaan gas elpigi ke depannya, pihaknya akan mengajukan penambahan kuota hingga 10 persen dari kuota tahun ini. \"Kita telah berkoordinasi, kita mengusulkan adanya penambahan kouta elpiji. Semoga saja bisa disetujui,\" sampainya.
Dimana menurutnya, penyebab kelangkaan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu itu lantaran kebanyakan masyarakat memiliki lebih dari satu tabung. Yang mana mayoritas setiap rumah tangga hampir memiliki sekitar 2 sampai 3 tabung di rumahnya. Hal inilah yang membuat stok elpiji yang ada menjadi terbatas lantaran penggunaan berlebihan. \"Jadi kita harapkan ke depan penggunaan secukupnya tidak berebihan, ini kan tabung gasnya diperuntukan untuk masyarakat menengah ke bawah,\" terangnya.
Kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg merupakan permasalahan klasik yang selalu timbul di setiap tahunnya. Ini terjadi karena gas melon yang notabene menjadi hak masyarakat miskin justru digunakan kelompok masyarakat mampu. Maka dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat yang mampu tidak menggunakan gas tersebut dan beralih dengan tabung gas diatas itu. Seperti tabung gas berukuran 5,5 kg yang berwarna pink.(ctr)

Sumber: