Daerah Pedalaman Rentan Money Politik

Daerah Pedalaman Rentan Money Politik

 

BENGKULU - Salah satu yang dilakukan Bawaslu melalui jajarannya yakni melakukan sosialisasi ke desa-desa dalam yang sulit dijangkau akses transportasi. Dimana salah satunya dengan program Desa Tanpa Politik Uang (APU). Diungkapkan Anggota Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Bengkulu, H. Ediansyah Hasan, daerah-daerah pedalaman yang sulit untuk dijangkau akses transportasi, sangat rentan menjadi incaran money politik
\"Salah satu program kita itu ada Desa APU. Itu yang kita prioritaskan adalah daearah-daerah pedalaman. Seperti beberapa waktu yang lalu kita ke Desa Air Kemuning, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma,\" ujarnya.
Dengan menyasar daerah-daerah pedalaman ini, Ediansyah yakin akan dapat sedikit mengurangi praktik politik uang.
\"Kita datang langsung dan melaksanakan sosialisasi. Kita berikan gambaran ke mereka tentang berbahayanya politik uang. Sehingga dengan demikian kita berharap akan menumbuhkan kesadaran di masyarakat,\" ujarnya.
Sementara itu, untuk langkah awal yang dilakukan Bawaslu sebelumnya, untuk memberantas politik uang, dilakukan melalui jajaran Bawaslu sampai ke tingkat Panwascam. Dimana seluruh jajaran diminta untuk memberi arahan orang-orang terdekat mereka.
\"Misal ada anggota Panwas laki-laki, mungkin bisa mengajak istrinya, ibu bapaknya, ataupun mertuanya agar tidak terlibat politik uang,\" unkap Ediansyah.(ken)

Sumber: