Maret 2025, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga pada Maret 2025

 Maret 2025, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga pada Maret 2025

Konsumsi di Maret 2025 masih optimis, meski menurun--

 

JAKARTA, Radarseluma.Disway.id - Optimisme konsumen tetap terjaga pada Maret 2025

Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tetap berada pada level optimis meskipun lebih rendah dari bulan sebelumnya. IKK pada Maret 2025 tercatat sebesar 121,1, lebih rendah dari Februari 2025 sebesar 126,4. Terjaganya optimisme konsumen ini didorong oleh kondisi saat ini dan peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. Secara tahunan, IKK turun 2,7 poin dari posisi Maret 2024 yang sebesar 123,8. 

 

BACA JUGA:Tanggal Ini PT MTS Dipanggil DPRD, Tidak Ikut Aturan PT MTS Tutup Saja

BACA JUGA:Disidak Panja PAD, PT AA Klaim Taati Aturan. Victor : Itu Baru Klaim Mereka

Optimisme konsumen menurun di seluruh kelompok pengeluaran dibandingkan bulan sebelumnya. 

Kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan IKK terdalam adalah kelompok pengeluaran Rp4,1 - 5 juta per bulan, yang merupakan bagian dari kelas atas. IKK kelompok ini tercatat sebesar 123,0 pada Maret 2025, turun 5,8 poin dari Februari 2025 dan turun 5,8 poin dari Maret 2024. Di sisi lain, kelompok pengeluaran yang paling bawah, yaitu kelompok pengeluaran Rp1 – 2 juta, mencatatkan penurunan IKK. IKK kelompok ini menurun 0,9 poin dari Februari 2025 dan meningkat 6,3 poin dari Maret 2024. 

 

Proporsi tabungan masyarakat menurun pada Maret 2025. 

Rata-rata proporsi pengeluaran konsumen untuk tabungan (savings to income ratio) tercatat sebesar 13,8% pada Maret 2025, menurun 0,9 percentage points (ppt) dari Februari 2025. Penurunan ini terutama didorong oleh kelompok pengeluaran Rp1 - 2 juta dan >Rp 5 juta yang proporsi tabungannya menurun sebesar -1,7 ppt, masing-masing menjadi 13,9% dan 14,9%. Penurunan proporsi tabungan ini sedikit dikompensasi dengan kenaikan proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) yang meningkat sebesar 0,6 ppt, menjadi 75,3% pada Maret 2025. 

BACA JUGA:Berkat Program Klasterkuhidupku BRI, Klaster Usaha Tenun Ulos Ini Sukses Bangkit dan Berdayakan Kaum Wanita

BACA JUGA:Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton: Dua Kendaraan Tangguh ini Siap Bersaing dan Menggoda di Pasar Indonesia

Kami perkirakan konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,09% pada 2025. 

Sumber: