Cata Luncurkan Platform Aplikasi All-in-One, Permainan untuk Operator F&B dan Ritel

Selasa 02-09-2025,19:03 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

BACA JUGA:Toyota Hilux Double Cabin: Mobil Tangguh Mampu di Segala Medan dan Populer di Indonesia

Dengan memanfaatkan infrastruktur yang tangguh, rangkaian produk yang holistik dan terus berkembang, serta pengetahuan operasional yang mendalam, Cata dirancang untuk skala global sejak awal dan bertujuan untuk menjadi infrastruktur tak kasat mata di balik ribuan gerai di tahun-tahun mendatang. Dengan Cata, para mitra dapat benar-benar mengenal dan memiliki pelanggan mereka untuk pertama kalinya, merevolusi industri yang sebelumnya hanya beroperasi secara offline dengan mengubah transaksi anonim menjadi hubungan langsung dengan pelanggan, dan meningkatkan pertumbuhan melalui akuisisi pelanggan yang terarah, peningkatan frekuensi pembelian, dan ukuran keranjang belanja yang lebih besar.

 

"Setelah menjajaki berbagai opsi, Cata adalah satu-satunya solusi yang berfungsi sebagai platform terpadu sejati, menghilangkan tumpukan teknologi rumit yang biasanya kami butuhkan untuk aplikasi canggih," ujar Josh Bell, Principal di Guzman y Gomez Singapura . "Yang membedakan Cata adalah pendekatan yang dibangun oleh operator – mereka memahami persis apa yang dibutuhkan bisnis F&B karena mereka pernah berada di posisi kami. Tidak seperti penyedia lain, Cata bekerja sebagai mitra sejati dengan insentif yang selaras melalui penetapan harga berbasis transaksi, yang memungkinkan kami meluncurkan aplikasi premium tanpa risiko finansial pengembangan aplikasi khusus. Meskipun kami telah melihat pesaing menghabiskan jutaan dolar untuk aplikasi khusus yang pada akhirnya tidak disukai pelanggan, platform Cata terus berkembang seiring ekspektasi pelanggan dan memberikan kemudahan digital yang benar-benar diinginkan pelanggan kami, sekaligus mendorong efisiensi tambahan di seluruh operasional kami."

 

Cata menargetkan ROI hingga 5-10 kali lipat bagi mitra mereka jika diluncurkan sepenuhnya . ROI yang signifikan ini dicapai melalui kemampuan memanfaatkan saluran pemasaran digital untuk mendorong akuisisi dan retensi pelanggan, peningkatan frekuensi pembelian dan nilai pesanan rata-rata (AOV) secara signifikan, serta diferensiasi kompetitif melalui platform loyalitas omni-channel Cata, optimalisasi bisnis berbasis data, dan peluang pengurangan biaya staf POS yang krusial.

 

Ritel offline berada di titik kritis. Generasi bisnis fisik berikutnya tidak akan bergantung pada POS, terminal pembayaran mandiri, atau kasir—mereka akan beroperasi menggunakan aplikasi seluler, data konsumen yang mendalam untuk mendukung pengalaman individual, dan mesin pertumbuhan otomatis. Cata sedang membangun infrastruktur untuk mewujudkan masa depan tersebut. Dari eksplorasi merek digital dan pemesanan serta loyalitas online omni-channel hingga kampanye berbasis AI, kami akan menempatkan kapabilitas tingkat perusahaan di tangan setiap pedagang—mengubah operasi harian menjadi keunggulan digital," ujar David Brunier, Pendiri dan CEO Cata .

 

Dengan fokus awal pada jaringan F&B, Cata berencana untuk melakukan ekspansi geografis yang agresif dari Singapura ke pasar-pasar maju di seluruh Asia Pasifik (APAC), Eropa, dan Timur Tengah, dengan ambisi global jangka panjang untuk mencakup vertikal termasuk kesehatan dan kecantikan, toko serba ada, bahan makanan, ritel khusus, dan mode.

 

Tim pendiri Cata menggabungkan keahlian mendalam di bidangnya dan kemampuan yang telah terbukti untuk berkembang di berbagai pasar, yang meliputi CEO David Brunier (mantan CEO Flash Coffee, mantan CMO Foodpanda), CRO Marija Brunier (mantan Direktur Penjualan Internasional Global Delivery Hero), dan CFO Sebastian Hannecker (mantan COO/CFO Flash Coffee, mantan Bain). Cata juga mengamankan talenta teknologi regional terbaik dengan menunjuk Ashwin Irappa sebagai CPO (mantan Kepala Produk Grab, mantan Direktur Senior Produk Foodpanda) dan Ali Irawan sebagai CTO (mantan CTO Flash Coffee, mantan CTO Rocket Internet Venture) untuk melengkapi tim manajemen mereka. Kolaborator dan penasihat terkemuka lainnya termasuk Anand Thakur (CTPO di Reliance Retail) dan Felix Haas (Desain UI/UX untuk Cata, Lovable, dan Gorillas).

 

BACA JUGA:Pesona Pakaian Adat Pengantin Komering: Warisan Luhur Sumatera Selatan yang Sarat Makna

BACA JUGA:Honda Brio Desain Kecil dan Canggih Memikat Hati Para Penggemar di Indonesia

Tentang Cata

Kategori :