KTT Jantung Asia-Pasifik Perdana, Pencegahan Penyakit Kardiovaskular dan Keadilan Kesehatan

Sabtu 19-10-2024,10:00 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

BANGKOK, THAILAND, Radarseluma.Disway.Id - KTT Jantung Asia-Pasifik perdana dibuka  di Bangkok, Jumat 18 Oktober 2024. Dimana mempertemukan lebih dari 100 delegasi dari seluruh kawasan untuk menghadapi kebutuhan mendesak akan kesadaran publik dan kebijakan yang lebih besar tentang penyakit kardiovaskular (PKV), penyebab kematian utama di Asia-Pasifik.

Diselenggarakan bersama oleh Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand-Departemen Layanan Medis (MOPH-DMS), Kantor Keamanan Kesehatan Nasional (NHSO), dan Aliansi Penyakit Kardiovaskular Asia-Pasifik, KTT Jantung menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengatasi rendahnya tingkat kesadaran meskipun dampak PKV sangat dahsyat.

BACA JUGA:Vista Putri Ungkap Siapa Sosok Pria yang Diduga Selingkuhannya Paula Istri Baim Wong

BACA JUGA:7 Pengacara Murman Efendi Praperadilankan Kejaksaan Negeri Seluma ke PN Tais

 

Beban Penyakit

Penyakit kardiovaskular (PKV) bertanggung jawab atas 19 kematian yang sangat parah setiap menit dan lebih dari 10 juta kematian setiap tahunnya di seluruh kawasan Asia-Pasifik, namun kesadaran publik dan fokus kebijakan terhadap masalah yang mendesak ini masih sangat rendah. Dengan beban ekonomi akibat PKV yang melebihi USD $177 miliar dalam biaya perawatan kesehatan langsung, masyarakat yang rentan—terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan daerah yang kurang terlayani—sangat terpengaruh. 1

 

Sebagai rumah bagi 60% populasi dunia , Asia-Pasifik ditandai oleh keragaman etnis, budaya, dan status sosial ekonomi yang sangat besar, dan menghadapi tantangan unik dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kardiovaskular. Faktor risiko utama—termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, merokok, dan kurangnya aktivitas fisik—berkaitan erat dengan faktor sosial yang lebih luas seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan perencanaan kota. Meskipun faktor risiko ini sebagian besar dapat dicegah dengan identifikasi dan intervensi dini 1 , kurangnya pendidikan dan kesadaran kesehatan yang memadai berkontribusi terhadap peningkatan yang mengkhawatirkan ini.

 

BACA JUGA: Dispora Seluma akan Panggil Pokdarwis Napal Jungur, Belum Setahun Sudah 2 Korban Minggal

BACA JUGA:Tantangan Baru Menanti!! Berikut Game Bertarung PC Terbaru Oktober 2024!

Negara-negara berpendapatan rendah dan menengah di wilayah tersebut menghadapi tantangan tambahan, termasuk kesenjangan dalam infrastruktur medis, kekurangan spesialis penyakit kardiovaskular, dan terbatasnya akses ke layanan kesehatan berkualitas, terutama di daerah pedesaan dengan sumber daya terbatas, yang semakin memperparah masalah. 1 KTT ini berupaya menjembatani kesenjangan ini dengan mendorong kolaborasi yang lebih besar dan menghasilkan momentum untuk tindakan komprehensif.

 

Dr. Taweesin Visanuyothin, Direktur Jenderal, Departemen Layanan Medis Kementerian Kesehatan Masyarakat , Thailand, menekankan penerapan layanan perawatan kesehatan yang lancar yang mencakup empat kegiatan utama untuk meningkatkan literasi kesehatan dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

 

Mereka adalah:

Kategori :