DPRD Seluma Targetkan Terbentuknya AKD Bulan Ini

Kamis 17-10-2024,09:47 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id - Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma, Suhandi Pinota optimis pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) akan tuntas dan selesai pada bulan ini. Meski pelantikan pimpinan definitif baru akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober nanti.

BACA JUGA:Ada Gelaran Roadrace, UMKM di BS Boleh Gelar Produk Gratis

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Game Pertualangan Dengan Keindahan Alam Luar Biasa

 

Dan menurutnya pada awal November nanti sudah bisa dimulai pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2025. Apalagi RAPBD tahun 2025 ditarget pada 30 November sudah harus ketok palu. Jika tidak Kabupaten Seluma akan menerima konsekuensi berupa sanksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salah satunya yaitu kepala daerah dan pimpinan DPRD tidak akan menerima gaji selaman enam bulan. 

 

"Saat ini untuk jabatan Waka I dan II sedang diusulkan SK penetapan ke Gubernur Bengkulu selama 7 hari. Kemudian pada 24 Oktober ini kami agendakan pelantikan Waka I dan II DPRD Seluma. Setelah ada pimpinan definitif, maka pembentukan AKD sudah bisa dilaksanakan," kata Suhandi, kemarin.

 

Suhandi mengatakan setelah dilantik, kemudian pada Jumat (25/10) sampai Kamis (31/10) akan dilakukan pembentukan AKD. Mulai dari pembentukan komisi, kemudian pembentukan badan anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Baleg), Badan Musyawarah (Bamus) serta Badan Kehormatan (BK) DPRD Seluma.

 

"Sampai akhir Oktober nanti, kami pastikan waktunya cukup untuk membahas AKD. Meskipun belum ada ketua definitif, namun sudah ada Waka I dan II, sesuai aturan pembentukan AKD sudah boleh dilakukan," ujar Suhandi. 

Menurutnya, untuk SK mandat dari DPP PPP untuk ketua DPRD, Suhandi mengatakan sedang dalam proses. Serta secepatnya akan segera ditetapkan. Bahkan Suhandi mengatakan kemungkinan nantinya pelantikan tetap akan serentak. Jika dalam pekan ini SK mandat dari DPP untuk ketua sudah diterima oleh partai PPP.

BACA JUGA: Petugas Kesehatan Lakukan Fogging di BS, Korban DBD Terus Bertambah!

BACA JUGA: KPU Seluma Sudah Siap, Seluruh Kotak dan Bilik Suara Sudah Diterima

Kategori :